ABC

Politisi Australia Habiskan Rp 7,6 Miliar Untuk Belanja Bendera

Sebuah dokumen resmi menunjukkan, para politisi Australia menghabiskan lebih dari tiga perempat juta dolar untuk belanja bendera dalam waktu enam bulan.

Data terbaru tentang hak anggota Parlemen yang diterbitkan oleh Departemen Keuangan Australia menunjukkan bahwa anggota Parlemen dan Senator menghabiskan total 763,391.78 dolar (atau setara Rp 7,6 miliar) untuk belanja bendera antara periode 1 Juli 2015 - 31 Desember 2015.

Anggota Parlemen dari Partai Buruh, Matt Thistlethwaite, menghabiskan paling banyak uang untuk belanja bendera dengan tagihan hampir mencapai 23.000 dolar (atau setara Rp 230 juta).

Anggota Parlemen dari Partai Liberal –yang baru digulingkan -Fiona Scott, menempati posisi kedua dengan total belanja 22,827.52 dolar (atau setara Rp 220 juta).

Laporan pengeluaran ini muncul menjelang Hari Bendera Nasional Australia, yang membuat Asisten Menteri untuk Perdana Menteri, James McGrath, mengeluarkan pernyataan tentang "simbol nasional" tersebut.

Senator James mendorong masyarakat untuk bergabung dengan Jaringan Bendera Persemakmuran sebagai bagian dari perayaan pada tanggal 3 September.

Menurut Departemen Keuangan Australia, para politisi memiliki hak untuk mendistribusikan bendera ke:

• Sejumlah organisasi seperti sekolah, dewan lokal, gereja-gereja dan kelompok-kelompok lain "yang memiliki kesempatan untuk menampilkan bendera di tiang bendera mereka"

• Organisasi masyarakat, siswa pertukaran Australia dan pekerja bantuan kemanusiaan yang melakukan kunjungan atau tugas resmi ke luar negeri

• Anggota keluarga, atau mantan perwakilan organisasi, dan untuk digunakan pada pemakaman seorang veteran perang Australia.

Departemen Keuangan Australia menyatakan bahwa tak ada batasan -selain perluasan anggaran kantor -pada jumlah Bendera Nasional Australia, Bendera Aborijin dan Penduduk Selat Torres yang bisa dibeli.

Meski demikian, tak lebih dari 50 bendera besar per tahun keuangan yang bisa diberikan ke "perorangan".

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterjemahkan: 15:58 WIB 02/09/2016 oleh Nurina Savitri.