ABC

Polisi Himbau Orang Tua Perketat Pengawasan Anak di Malam Hari

Komisioner polisi Australia Barat, Karl O'Callaghan mempertegas kembali himbauannya agar orang tua memastikan keberadaan anak-anak mereka pada malam hari untuk menghindari insiden pesta yang tidak terkendali di Rockingham dan South Lake pada Sabtu malam kemarin.

Polisi mengatakan lebih dari 200 orang menghadiri kedua pesta tersebut dan beberapa orang diantaranya ditangkap polisi karena menyerang personil polisi yang hendak menertibkan pesta mereka di South Lake.
 
O'Callaghan mengatakan ada 3 macam orang tua dalam situasi seperti ini.
 
"Ada orang tua yang ketika kami mengantarkan anak mereka pulang dari pesta berujung keributan tak terkendali itu, mengaku khawatir dan tidak mengetahui anak mereka keluar rumah atau mereka mengira anak mereka sedang berada ditempat lain dan mereka mengaku akan menanggapi dan melakukan sesuatu terkait sikap anak mereka," katanya.
 
"Ada juga orang tua yang mengetahui kalau anak mereka memang tidak dirumah dan mereka tidak terlalu peduli tentang hal itu dan kemudian ada juga orang tua yang sama sekali tidak mampu memelihara anak mereka dengan benar sehingga anak-anak mereka selalu berada di jalanan," tambahnya.
 
Sebanyak  24 unit polisi dikerahkan untuk menertibkan pesta di Rockingham dan 8 unit lainnya  dikirim ke South Lake.
 
Jika polisi jadi melakukan penututan pada pihak yang berwenang atau menyelenggarakan pesta itu, mereka bisa didenda atau berpotensi dikenakan kewajiban membayar biaya operasi polisi yang terluka dalam penertiban kedua pesta itu.
 
Pesta di Rockingham diadakan di sebuah bangunan kosong dan telah diiklankan di Facebook.
 
Tujuh peringatan untuk menghentikan pesta dikeluarkan oleh polisi dan polisi sempat mengangkut 7 anak-anak dari lokasi pesta itu untuk dipulangkan ke rumah mereka atau tempat yang dianggap aman di bawah hukum.
 
O'Callaghan mengatakan otoritas polisi anak telah diminta untuk menindaklanjuti insiden ini dengan orang tua anak-anak tersebut pekan ini.
 
"Mereka tidak akan menjadi anak-anak yang kita khawatirkan karena alasan khusus seperti ini jika saja mereka tidak berada di luar rumah," katanya.
 
"Anak-anak itu tidak diawasi dan mereka juga terancam bahaya secara moral dan fisik karena terekspose oleh anak-anak yang lebih dewasa dan tentu saja alkohom dan narkoba,"
 
Komisioner O'Callaghan mengkritik keras orang tua yang mengantar anak-anak mereka ke pesta di Rockingham.
 
"Orang tua harus paham, jika Anda mengantarkan anak-anak ke sebuah pesta yang Anda tidak tahu siapa yang melaksanakannya, Anda tidak tahu apa yang akan terjadi di pesta itu, Anda juga tidak tahu siapa yang akan mengontrol pesta itu, itu artinya Anda hanya mencari masalah saja," tegasnya.
 
"Anda menempatkan anak-anak berusia antara 12 dan 16 ke lingkungan beresiko tingggi."
 
Sejauh ini polisi belum mengajukan tuntutan atas event di Rockingham  namun masih menyelidiki insiden ini.
 
Empat orang termasuk seorang anak laki-laki berusaia 12 tahun pada pesta di South Lake yang dilakukan di sebuah rumah.
 
Anak laki-laki itu dan seorang remaja putri berusia 18 tahun dituntut menyerang petugas publik karena melemparkan batu dan botol kepada personil polisi.