ABC

Polisi Banjiri Dengan Petugas Lokasi Tewasnya Aiia Maasarwe di Melbourne

Polisi di Melbourne mengaatakan mereka akan membanjiri kawasan dimana mahasiswi asal Israel Aiia Maasarwe ditemukan tewas di Bundoora, dalam usaha menenangkan komunitas mengenai keamanan di sana.

  • Polisi telah meminta bantuan publik untuk menangkap pembunuh Maasarwe
  • La Trobe University mengatakan telah meningkatkan keamanan menyusul serangan
  • Menteri Utama Daniel Andrews mengatakan warga Victoria harus bersatu 'untuk mengakhiri budaya kekerasan terhadap perempuan."

Polisi memperkirakan mahasiswi pertukaran Israel keturunan Arab tersebut diserang sekitar pukul 12:10 hari Rabu dinihari, tidak lama setelah turun dari tram Rute 86 di dekat persimpangan antara Plenty Road dan Main Drtive di Bundoora.

Universitas dimana dia sedang belajar La Trobe, yang memiliki kampus di kawasan Bundoora , berada tidak jauh dari lokasi serangan.

La Trobe sekarang berusaha menenangkan para mahasiswa mengenai keamanan penggunaan transport publik di kawasan tersebut.

Maasarwe (21) baru saja menonton pertunjukkan komedi di sebuah klub di North Melbourne, dan hanya berada sekitar satu kilometer dari rumahnya ketika dia diserang.

Tubuhnya ditemukan oleh pejalan kaki hari Rabu pagi, di belakang semak-semak di dekat pintu masuk Polaris Shopping Center.

Polisi kemarin meminta bantuan publik untuk menemukan pembunuhnya dan mengatakan Maasarwe adalah korban tidak berdosa dari serangan yang 'mengerikan.'

Tony Ryan dari Kepolisian Victoria mengatakan polisi akan dikerahkan dalam jumlah besar ke daerah tersebut untuk menenangkan komunitas yang masih khawatir bahwa pembunuhnya masih berada di sana.

Police conduct a line search in grassland.
Polisi melakukan pencarian barang bukti atas kematian Aiia Maasarwe di Bundoora, Melbourne.

ABC News: James Oaten

"Kami akan terus membanjiri area sebanyak mungkin dengan petugas." kata Superintendent Ryan.

"Kami mengerahkan semua petugas yang ada, mobil patroli, detektif, polisi komunitas, juga dan petugas transit yang bekerja di rute tram.'

"Kami percaya ini penting sekali dilakukan, kami mengerti perasaan komunitas lokal dan kami mengerti peran kami, dan kami tahu yang dibutuhkan adalah perasaan aman di kawasan."

Gangguan dalam transport umum jadi keprihatinan utama mahasiswa

Rektor La Trobe University John Dewar mengatakan sekolahnya sudah meningkatkan penjagaan keamanan menyusul serangan tersebut.

"Keamanan sudah ditingkatkan karena adanya insiden ini dengan peningkatan jumlah patroli." katanya.

Menurut Komisi HAM Australia, keamanan mahasiswa menggunakan transport umum di kawasan menjadi salah satu masalah yang muncul dalam survei yang dilakukan tahun 2017.

Survei menemukan baha di negara bagian Victoria, 30 persen responden dari La Trobe University mengatakan mereka pernah mengalami pelecehan seksual di universitas.

Namun mayoritas pelecehan seksual tidak terjadi di universitas, namun terjadi di transport umum ketika mahasiswa melakukan perjalanan dari dan ke kampus.

Uniformed police officers in fluorescent high-visibility jackets stand at a tram stop at night.
Polisi ditempatkan di pemberhentian tram di Bundoora, dimana mayat Aiia Maasarwe ditemukan sekitar 100 meter.

ABC News

Professor Dewar mengatakan universitasnya sudah berusaha mengatasi masalah ini.

"Keamanan mahasiswa dan staf kami di luar kampus juga sangat penting, khususnya di transport umum, dan kami akan terus bekerja erat dengan otoritas terkait untuk mengatasi masalah yang muncul berkenaan dengan transport umum." katanya.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini