ABC

Polisi Australia: Tak Ada Ancaman Teror Malam Tahun Baru di Melbourne

Polisi kembali meyakinkan masyarakat bahwa tidak ada ancaman serangan teroris di Melbourne pada malam tahun baru, setelah pihak mereka menggeledah sejumlah rumah di kota itu.

Kepolisan Negara Bagian Victoria dan Kepolisian Federal Australia (AFP), bersama dengan sejumlah anggota dari Organisasi Intelijen Keamanan Australia (ASIO), menggeledah sejumlah properti pada hari Rabu (29/11/2017) di wilayah Coolaroo dan Glenroy -utara Melbourne, lalu di wilayah Tarneit -di barat kota itu, dan di wilayah Berwick -di bagian tenggara.

Aksi itu dilakukan menyusul beberapa penggeledahan lainnya di pinggiran kota Melbourne setelah penangkapan Ali Khalif Shire Ali pada Senin (27/11/2017) sore di wilayah Werribee.

Ali, 20 tahun, muncul di Pengadilan Magistrat Melbourne pada hari Selasa (28/11/2017) siang karena dituduh melakukan serangan teroris dan mengumpulkan dokumen untuk memfasilitasi tindakan teroris.

Polisi telah menuduh Ali sedang mencoba untuk mendapatkan sebuah senapan otomatis untuk "menembak dan membunuh sebanyak mungkin orang” di sekitar Federation Square, di pusat kota Melbourne, selama perayaan Tahun Baru.

Ali ditahan pada hari Senin (27/11/2017) setelah polisi melakukan penggeledahan di 3 properti.
Ali ditahan pada hari Senin (27/11/2017) setelah polisi melakukan penggeledahan di 3 properti.

ABC News

Ia juga telah dituduh mengakses dokumen yang dibuat oleh Al Qaeda, termasuk "buku panduan" tentang bagaimana melakukan tindakan teroris dan bagaimana menggunakan senjata api.

Ali telah diamankan dalam tahanan untuk kembali disidangkan pada bulan Maret tahun depan.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.