ABC

Polisi Australia Sita Setengah Ton Narkoba dalam Kaleng Bubuk Protein

Kepolisian Federal Australia (AFP) dan Angkatan Perbatasan Australia (ABF) menggambarkan penyitaan narkoba metamfetamin [sabu] seberat 540 kg di Sydney sebagai satu dari 10 penangkapan narkoba terbesar dalam sejarah Australia.

Narkoba tersebut -yang memiliki nilai jual di pasaran sebesar $324 juta atau sekitar Rp 3,2 triliun -disimpan dalam 396 wadah plastik yang diberi label palsu sebagai bubuk protein, Kata Komandan AFP Chris Sheehan.
Polisi menangkap tujuh orang pria berusia 20-an dan 30-an, yang mereka duga datang untuk mengambil kiriman tersebut. Mereka telah didakwa dengan kasus impor narkoba dan belum diberikan jaminan.
Seorang wanita berusia 23 tahun asal Kota Green Valley, Sydney juga menghadapi persidangan di Pengadilan Lokal Sydney Central karena dituduh memiliki dan memperdagangkan narkoba.

Orang-orang yang ditangkap selama penggerebekan narkoba di Sydney
Sejumlah pria ditangkap selama penggerebekan narkoba seberat 540kg.

Supplied: Australian Border Police and AFP


AFP mengatakan, petugas menggelar "operasi terkendali" yang menindaklanjuti penggantian narkoba itu dan pengiriman kargo laut dari Amerika Serikat ke sebuah fasilitas penyimpanan di Smithfield di barat Sydney.
Komandan Sheehan mengatakan, ini merupakan penangkapan narkoba terbesar pada tahun 2017, dengan total narkoba yang disita sebanyak 5 ton metamfetamin dan penyitaan narkoba pertama selama enam bulan terakhir.
Penggeledahan juga dilakukan di beberapa properti lainnya di Sydney barat dan barat daya, di mana polisi berhasil menyita beberapa pucuk senjata termasuk senapan SKS serbu, dua pistol semi-otomatis, sejumlah besar amunisi, dua revolver, sebuah pistol mirip dengan apa yang digunakan polisi, kokain, tablet MDMA dan uang tunai.
"Skala komersial dari perdagangan narkoba jenis ini biasanya satu paket dengan potensi kekerasan, sebagaimana terbukti dengan adanya penyitaan senjata api," kata Komandan Sheehan.
Komandan Regional ABF, Tim Fitzgerald, mengatakan, operasi intelijen dimulai pada Mei tahun lalu setelah para pekerja di Pusat Surat Internasional di Clyde, Sydney, mendeteksi 4kg kokain yang terdapat di 17 botol vitamin.
Wadah bubuk protein tempat menyembunyikan narkoba
Wadah bubuk protein yang digunakan untuk mengimpor metamfetamin.

Supplied: AFP