ABC

Pohon Natal yang Menjadi Buah Bibir di Australia

Ada yang mengapung, berhasil memecahkan rekor dunia dan juga yang dibuat dari barang bekas ketimbang teknologi canggih. Jika menyangkut cara untuk unjuk diri melalui pohon Natal, Australia penuh dengan hal seperti itu. Berikut adalah sebagian dari aksi unjuk diri melalui pohon Natal yang bisa anda saksikan sendiri di sekitar Australia pada musim perayaan Natal ini.

Pohon Natal dari ban di Lismore, New South Wales

Pohon Natal dari barang daur ulang dibawah pelangi ganda di Lismore.
Pohon Natal daur ulang dibawah pelangi ganda ini merefleksikan segala hal mengenai Kota Lismore: yakni sebuah kota yang kuat, terhubung dan beragam komunitas dengan kegemaran terhadap gaya hidup alami dan berkelanjutan.

Eddie Lloyd, ABC Open

Setelah dituduh sebagai pohon Natal terburuk di Negara Bagian New South Wales pada tahun 2014, Kota Lismore di sebelah Selatan NSW tergerak untuk menemukan cara yang kreatif guna merayakan Natal.
Tahun lalu untuk pertama kalinya kota ini meluncurkan pohon Natal baru kota ini dari daur ulang sepeda, dan tahun ini mereka membangun pohon Natal dari ban mobil daur ulang.
Pohon tradisional kota ini setinggi 10 meter di Cook Pine ini, dikenal sebagai 'Leaning Tree' atau ‘pohon miring’ oleh warga setempat pada tahun lalu digambarkan sebagai sebuah aib dan merusak pemandangan, sehingga pohon miring ini didekorasi ulang pada tahun ini untuk lebih memeriahkan kota.

Pohon Natal pemecah rekor dunia - Canberra, Australian Capital Territory

Pohon Natal yang memecahkan rekor dunia dinyalakan untuk pertama kalinya di Civic. (27 November 2015)
Pohon Natal yang memecahkan rekor dunia dinyalakan untuk pertama kalinya di Civic. (27 November 2015)

ABC News: Alexandra Beech

Biasanya politisi yang menjadi pusat perhatian di ibukota negara Canberra, tapi yang menjadi pembicaraan di ibukota Canberra sekarang ini adalah pohon Natal yang memegang rekor dunia.

Pohon Natal setinggi 22 meter - diklaim memegang rekor dunia untuk lampu-lampu Natal terbanyak yang dipasang di pohon Natal buatan pada tahun 2015 - dirangkai dari 518.838 lampu LED dan dipuncaknya dipasang bintang sebesar 1,5 meter yang diisi dengan 12.000 bola lampu.
Pohon Natal ini menjadi pusat perhatian dari lampu-lampu Natal yang dipajang di Kota Canberra, dan akan bersinar setiap malam hingga 2 Januari 2017 nanti.

Pohon Natal Olahraga - Brisbane, Queensland

Sepeda memberi tenaga untuk menyalakan lampu-lampu di pohon Natal di South Bank.
Sepeda memberi tenaga untuk menyalakan lampu-lampu di pohon Natal di South Bank.

612 ABC Brisbane Jessica Hinchliffe

Sepeda dan lampu di Brisbane digabungkan dengan sebuah pohon yang menawarkan kesempatan bagi anda yang perlu memeras keringat.

Pohon Natal setinggi 4,2 meter yang ditenagai oleh kayuan pedal sepeda di South Bank, merupakan yang pertama dari jenisnya di Australia.
Lebih dari 3.500 buah lampu LED yang menyelimuti pohon Natal itu ditenagai oleh 4 sepeda yang mengelilingi bagian bawah pohon tersebut.
Anggota masyarakat dapat ‘mengendarai pohon tersebut’ dan upaya mereka akan terungkap seiring dengan berbagai bagian dari pohon tersebut akan menyala terang.

Pohon Natal Apung - Geelong, Victoria

Pohon Natal mengapung di Geelong dinyalakan.
Pohon Natal mengapung di Geelong dinyalakan.

Twitter: Margaret Paul

Pohon Natal mengapung senilai jutaan dollar ini langsung merebut perhatian khalayak ramai ketika diluncurkan pada tahun 2014.
Pohon Natal setinggi 25 meter ini terombang-ambing di Corio Bay, Barat Daya Melbourne, menampilkan 11.000 cakram reflektif yang disinkronisasi dengan musik.

Walikota Geelong yang antusias, Darren Lyons mengatakan pohon ini menciptakan keuntungan kotor di sektor pariwisata sebesar $10 juta untuk kota Melbourne ketika pertama kali diluncurkan.
Anda bisa menciptakan pertunjukan cahaya yang kreatif dan penuh warna warni pada pohon Natal mengapung ini melalui sistem pencahayaan interaktif yang dapat diakses dari layar sentuh yang terdapat di jendela Carousel.

Fitur interaktif ini beroperasi sampai Hari Natal selama sembilan menit diantara waktu istirahat pertunjukan cahaya.

Pohon Natal Rajutan - Hobart, Tasmania

Pohon Natal yang dipenuhi rajutan dari benang
Pohon Natal dari besi di Gedung Dewan Kota Hobart di Salamanca Square, Desember 2016.

Supplied

Dijuluki sebagai pohon Natal paling buruk di Australia ini, yang menjadi pusat perhatian utama pada musim liburan Natal di Kota Hobart ini telah mendapat perubahan besar-besaran pada tahun ini oleh kelompok perajut misterius atau ‘knitters Ninja’.
Pohon Natal senilai $35.000 ini, menjadi terkenal di Australia ketika pertama kali didirikan di Salamanca Square pada 2015, disebut-sebut oleh penduduk setempat di media sosial sebagai ‘struktur besi’ yang menyedihkan dan memalukan.
Tahun ini kelompok perajut misterius itu telah menangani masalah tersebut dengan jarum rajut mereka dan menghiasi pohon tersebut dengan dekorasi dari rajutan.

Pohon Natal dari botol bekas - Mackay, Queensland

 Teisha Pope, Lovely Callos dan Essie Andal
Mengacungkan tangan untuk daur ulang: Teisha Pope, Lovely Callos dan Essie Andal melompat didepan pohon Natal dari botol bekas di Mackay Central State School.

ABC Tropical North: Harriet Tatham

Sebuah sekolah di Queensland utara sedang berusaha untuk membingkai ulang musim Natal yang sering kali memakan membuang-buang uang.
Dengan menggunakan 1.294 botol plastik, Sekolah Mackay Central State untuk pertama kalinya meluncurkan pohon Natal hemat energi dan daur ulang mereka, di mana orang tua, siswa dan relawan masyarakat menggunakan sampah untuk membuat keajaiban Natal.
Proyek ini bertujuan untuk mendorong praktik pengelolaan limbah, dan menghormati multikulturalisme di sekolah tersebut.

Pohon Natal pesan - Sydney, New South Wales

Pohon Natal di Martin Place di Sydney bersinar dengan terang.
Pohon Natal di Martin Place di Sydney bersinar dengan terang.

Supplied: City of Sydney

Kota Sydney tidak pernah gagal untuk membuat kagum orang banyak pada waktu Natal dan tidak terkecuali juga tahun ini.
Pohon Natal di Martin Place telah menjadi pusat perhatian pada musim Natal di Sydney selama 47 tahun. Berdiri tegak setinggi 21 meter dan berhiaskan 60.000 lampu, 120 bintang interaktif, 200 pernak-pernik dari stainless steel dan bintang di puncak pohon Natal sebesar 1,5 meter.
Pohon itu bahkan bersifat interaktif, dan Anda bisa -semacam berbicara dengan pohon tersebut. Siapapun dapat berbagi Natal melalui pesan teks ke 048 SYD XMAS, yang kemudian akan ditampilkan pada panel di sepanjang cabang-cabang pohon yang dapat dilihat semua orang.

Pohon Natal asli Australia – Australia Barat

Bec dan David Bignell bersama Pohon Natal di Australia Barat di Cranbrook, 320km di sebelah Selatan Perth.
Bec dan David Bignell bersama Pohon Natal di Australia Barat di Cranbrook, 320km di sebelah Selatan Perth.

ABC: Bec Bignell

Lampu yang berkelap kelip, musik yang dapat disinkronisasi dan konstruksi modern di sampingnya, ada satu pohon Natal di Australia yang benar-benar unik.

Pohon Natal khas Australia Barat ‘Nuytsia floribuna’ adalah tanaman mistletoe asli yang bermekaran dengan bunganya yang berwarna oranye pada Desember.
Sementara keberadaan pohon ini semakin jarang ditemui di daerah perkotaan, di kawasan semak sekitar Australia Barat hampir 100 persen pohon-pohon ini masih tetap hidup dan dengan dekorasi alaminya, pohon ini menjadi pemandangan yang indah.

Ikuti kisah-kisah menarik lainnya dengan bergabung di Australia Plus community di Facebook, atau follow kami di Twitter and Instagram.