ABC

PM Turnbull Minta Oknum Dibalik Blunder ‘Arsip Rahasia Pemerintah’ Dipecat

Perdana Menteri Malcolm Turnbull mengatakan bahwa sejumlah pegawai negeri harus dipecat menyusul terjadinya pelanggaran keamanan dari Arsip Pemerintah, yang telah digambarkannya sebagai "kegagalan yang sangat mengejutkan".

Ratusan dokumen rahasia yang diperoleh ABC telah diamankan kembali oleh lembaga intelejen dalam negeri Australia ASIO setelah ABC mengungkapkan kalau dokumen tersebut ditemukan di dua lemari arsip yang dibeli pada lelang perabotan bekas pemerintah.

Kepala Departemen Perdana Menteri dan Kabinet, Martin Parkinson, telah mengaku bahwa itu adalah lembaganyalah yang kehilangan arsip-arsip itu.

Dalam sebuah pernyataan, Martin Parkinson mengatakan bahwa pelanggaran tersebut telah mencoreng departemennya dan akan berimplikasi pada keseluruhan layanan publik.

PM Australia Malcolm  Turnbull mengatakan dalam program The Insiders ABC kalau pegawai negeri senior yang bertanggung jawab atas pelanggaran tersebut harus kehilangan pekerjaan mereka.

"Ini adalah tindakan kelalaian yang mengerikan dan hampir tidak dapat dipercaya," kata Turnbull.

"Gagasan bahwa pegawai negeri yang dipercayai dengan dokumen rahasia akan menempatkan mereka di tempat yang aman, mengunci brankas, kehilangan seluruh kunci-kunci itu dan kemudian menjual brankas itu tanpa memeriksa apa yang ada di dalamnya itu sangat tidak dapat dipercaya.”

ABC telah diberitahu bahwa kesalahan keamanan telah menjadi subyek "obrolan" di antara rekan sekutu utama Australia, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan Selandia Baru.

Australia sejak saat it usudah bergerak melakukan tindakan yang diperlukan untuk  meyakinkan para sekutunya bahwa rahasia mereka aman pasca pelanggaran tersebut.

Polisi Federal Australia sedang menyelidiki bagaimana dan kapan dokumen rahasia tersebut hilang oleh departemen tersebut.

"Kami ingin melihat mereka yang bertanggung jawab atas kelalaian ini diidentifikasi dan ditangani dengan tepat," kata Turnbull.

Dokumen-dokumen tersebut dikembalikan ke Pemerintah setelah kesepakatan dibuat sehingga melindungi sumber ABC.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.