ABC

PM Australia Makan Malam dengan Donatur Politik China

Seorang pengusaha China makan malam dengan Perdana Menteri Malcolm Turnbull empat hari setelah salah satu perusahaannya mengumumkan donasi $ 40.000 kepada Partai Nasional Liberal (LNP) Queensland.

Hal itu terungkap di tengah perdebatan tentang perusahaan-perusahaan China yang berusaha mempengaruhi politik negara ini melalui donasi dan lobi, dan juga menjelang pemilu negara bagian Queensland.

Pengusaha tersebut, Liu Xiaodong, merupakan salah satu direktur perusahaan yang berbasis di Gold Coast, Australia Energy Windfarm (AEW). Perusahaan ini menyebut dirinya sebagai "pemasok tenaga angin yang bertanggung jawab di China".

Liu juga merupakan pimpinan raksasa energi terbarukan berbasis di China, Heilongjiang Ainaji Dianli Co Ltd, yang memiliki 100 persen saham AEW dan sedang mengejar peluang investasi besar di Queensland.

Donasi ke parpol tersebut dilaporkan kepada Komisi Pemilu Umum Queensland pada tanggal 15 November 2017.

ABC mendapatkan informasi bahwa PM Turnbull belum pernah mendengar tentang Liu sampai mereka bertemu dalam makan malam empat hari kemudian di Brisbane.

Malcolm Turnbull shakes hands with Liu Xiaodong. Mr Turnbull is holding a box in his hand
PM Malcolm Turnbull tidak tahu siapa Liu Xiaodong sampai mereka bertemu dalam makan malam tersebut.

Australian Energy Windfarm

Ditanyai tentang makan malam tersebut PM Turnbull hari jumat mengatakan, "Saya tidak ingat adanya diskusi terperinci ... bahasa Inggrisnya sangat terbatas."

"Itu hanya diskusi umum tentang ekonomi. Saya tidak ingat - pastinya tidak ada pembicaraan tentang kebijakan investasi semacam itu," katanya.

"Jelas kita memiliki banyak investasi China di Australia. Dan seperti saya katakan kemarin pada peluncuran Buku Putih Kebijakan Luar Negeri, ada beberapa kesempatan dimana investasi asing, termasuk investasi China, tidak mendapat persetujuan atas alasan kepentingan nasional. Namun secara umum Australia menyambut baik investasi asing," ujar PM Turnbull.

Perusahaan tersebut melaporkan makan malam pada Minggu malam itu di websitenya yang berbahasa China namun menghapusnya tak lama setelah dihubungi oleh ABC News.

"Perdana Menteri diundang ke sebuah perjamuan yang diadakan oleh LNP di Brisbane. Daftar tamu adalah urusan LNP," kata juru bicara Perdana Menteri.

Tidak diperoleh adanya catatan proyek AEW yang signifikan di Australia. Alamat perusahaannya bahkan terdaftar di sebuah rumah pinggiran kota.

Websitenya tidak lengkap namun ada penjelasan mengenai rencana mereka membangun pembangkit listrik tenaga surya di dekat Kingaroy, Queensland.

Dokumen ASIC menunjukkan bahwa Liu memiliki alamat terdaftar di resor golf Sanctuary Cove di selatan Brisbane.

Direktur LNP Queensland Michael O'Dwyer mengatakan partainya menerima donasi dari semua perusahaan yang terdaftar di Australia.

"Perusahaan dimaksud merupakan perusahaan terbatas yang terdaftar di ASIC dan sumbangannya telah dilaporkan sesuai peraturan KPU Queensland," katanya kepada ABC.

LNP juga mengatakan pihaknya mengadakan jamuan "sebagai kegiatan normalnya dengan tamu dari berbagai kalangan". Disebutkan pula bahwa makan malam itu "hanya satu dari rangkaian jamuan dalam satu bulan terakhir".

Pemimpin LNP Tim Nicholls mengatakan "tidak tahu apa-apa" tentang makan malam tersebut.

Dalam jamuan yang dihadiri 12 orang itu Liu duduk di sebelah kanan Perdana Menteri.

ABC belum mengkonfirmasi identitas tamu lainnya.

Tidak jelas siapa yang mengundang Liu atau yang menentukan pengaturan tempat duduk.

AEW sejalan dengan One Belt One Road

Perusahaan induk AEW di China menyatakan bahwa anak perusahaannya di Australia didirikan sesuai dengan inisiatif Pemerintah China mengenai "One Belt One Road". Inisiatif bernilai satu triliun dolar ini dimaksudkan untuk mendominasi perdagangan dan telah menimbulkan kekhawatiran kalangan intelijen Australia.

ABC telah menghubungi AEW dan Heilongjiang untuk menjelaskan motivasi untuk donasi politik mereka, namun belum mendapatkan tanggapan sebelum tenggat waktu.

Situs AEW mengklaim "berada dalam industri ini selama beberapa dekade dengan keterampilan praktis, profesi, hubungan bisnis yang kuat dengan pemasok, pemerintah, konstruksi [sic], yang merupakan fondasi utama kesuksesan kami".

Namun perusahaan tersebut baru terdaftar di ASIC pada bulan September 2016. Pada bulan yang sama, Liu mengklaim telah memimpin sebuah delegasi ke Australia untuk mengeksplorasi peluang investasi energi.

Alamat email terdaftar untuk AEW adalah alamat email sama yang tercantum di website induk perusahaannya di China. Ketika ABC menghubungi AEW untuk memberi komentar, juru bicaranya bahwa tidak berbicara bahasa Inggris.

Belum diketahui dimana lokasi makan malam tersebut diadakan.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.