ABC

PM Abbott: Perdagangan Bebas Kunci Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Perdana Menteri Australia Tony Abbott dalam pidatonya di Forum Ekonomi Dunia di Swiss mengatakan bahwa perdagangan bebas dan pertumbuhan ekonomi dunia merupakan faktor kunci dalam menyelesaikan setiap masalah global.

PM Abbott yang akan menjadi  tuan rumah KTT G-20 di Brisbane tahun 2014 mengatakan bahwa ketika terjadi krisis keuangan, dunia kekurangan 30 juta lapangan kerja.

Namun dikatakannya, krisis yang terjadi tidaklah mengubah pentingnya menjalankan hukum ekonomi yangg benar.

"Kita tidak membelanjakan dana yang tidak kita miliki." kata PM Abbott di Davos.

"Tidak ada satu negarapun yang mengenakan subsidi dan mengenakan pajak tinggi untuk mencapai kemakmuran. KIta tidak bisa mengatasi masalah hutang dan defisit dengan menciptakan lebih banyak hutang dan defisit."

"Dan untung bukanlah kata kotor karena keberhasilan di dunia bisnis adalah hal yang patut dibanggakan." lanjut PM Australia tersebut.

PM Abbott mengatakan sebagai negara perdagangan, Australia akan dengan maksimal menggunakan waktu sebagai presiden G--20 untuk mempromosikan perdagangan bebas.

"Orang berdagangan dengan yang lainnya karena memang berkepentingan melakukannnya."

"Sama seperti perdagangan dalam negara meningkatkan kemakmuran, perdagangan antar negara juga meningkatkan kemakmuran."

"Itulah sebabnya kami harus menjadi misionaris bagi perdagangan yang lebih bebas."

"Paling tidak, G-20 tahun ini akan memperbarui komitmen menentang proteksionisme dan mendukung pasar yang lebih bebas." tambah PM Abbott.

Pertemuan di Davos ini diselenggarakan setiap tahun di bulan Januari di Davos, Swiss dan dihadiri oleh sekitar 2500 pemimpin politik, bisnis dan intelektual yang khusus diundang untuk hadir.

Australia mendapatkan perhatian khusus tahun 2014 karena akan tuan rumah G-20 di Brisbane bulan Novembber mendatang.