ABC

Plebisit Pernikahan Sesama Jenis: 8 Juta Warga Australia Telah Memilih

Biro Statistik Australia (ABS) memperkirakan, sejauh ini 57,5 persen surat suara dalam plebisit (via pos) pernikahan sesama jenis telah dikembalikan.

Lebih dari 16 juta surat suara telah dikirimkan ke para pemilih Australia.

Plebisit tersebut menanyai warga Australia apakah mereka yakin undang-undang yang berlaku harus diubah agar pasangan sesama jenis bisa menikah.

Kedua sisi perdebatan dari perubahan undang-undang pernikahan menggunakan data tersebut untuk mendorong agar warga mengembalikan formulir plebisit mereka.

Juru bicara dari kubu yang menolak pernikahan sesama jenis, Lyle Shelton, mengatakan perkiraan ABS itu menunjukkan hampir setengah dari seluruh warga Australia belum mengirimkan kembali surat suara (formulir plebisit) mereka.

"Kami ingin memastikan semua orang menyampaikan suara mereka," sebutnya.

Namun ia menambahkan, jumlah pemilih yang tinggi "menunjukkan bahwa publik Australia memahami beratnya keputusan yang ada di depan kami dan bahwa mereka tahu hal itu memiliki konsekuensi terhadap semua orang".

Anna Brown dari kubu yang mendukung pernikahan sesama jenis juga mendesak warga yang belum mengirim kembali formulir mereka untuk segera bertindak.

"Entah itu di tas olahraga atau di meja dapur, warga benar-benar perlu mengisi surat suara mereka sesegera mungkin," katanya.

Senator Partai Hijau, Janet Rice, mengatakan, hal yang sangat menggembirakan bahwa 57,5 persen surat suara telah dikembalikan.

"Ini pertanda baik ... Ini menunjukkan bahwa warga Australia sangat peduli dengan masalah ini," kata Senator Rice.

Menteri Kabinet Federal, Darren Chester, mengatakan bahwa hasilnya sejauh ini adalah "pembenaran lengkap posisi pemerintah, bahwa warga Australia memang ingin pendapat mereka didengar".

"Mereka telah memilih lebih awal dan mereka telah membuat opini mereka didengar dan saya pikir itu adalah hasil yang bagus," kata Chester.

"Saya sangat yakin bahwa di seluruh Australia akan ada suara ‘Ya’ (mendukung pernikahan sesama jenis) yang gemilang.”

"Saya pikir beberapa rekan saya akan terkejut ... Saya pikir setiap pemilih di Australia akan memilih Ya dan saya pikir beberapa orang akan terkejut dengan hasil itu di daerah pemilihan mereka sendiri.”

"Saya bisa saja salah tapi itulah pandangan saya."

Hasil plebisit akan diumumkan pada 15 November.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.