ABC

Menang 2-0 Australia Melaju ke Semifinal Piala Asia 2015

Tim Cahill sukses mengangkat  Piala Asia dengan mempersembahkan dua gol luar biasa yang meloloskan Socceroos ke semifinal lewat kemenangan 2-0 atas tim kesebelasan China di Brisbane.

 

Sundulan kepala jarak jauh Tim Cahill meloloskan Australia ke semifinal dengan mengalahkan China 2-0 dalam Piala Dunia 2015.

 

Tim Cahill kembali menyuguhkan gol spektakulernya seperti pada Piala Dunia lalu ketika Australia melawan Belanda, pada pertandingan Kamis malam, dimana Cahill berhasil menjebol gawang tim China lewat tendangan voli jarak dekat empat menit setelah pertandingan memasuki di babak kedua.
 
Pemain unggulan Australia ini kembali menghadiahkan gol kedua sehingga skor pertandingan menjadi 2 - 0 untuk Australia pada menit ke-65. Gol kedua Cahill ini mengamankan posisi tim kesebelasan Australia untuk melangkah ke babak semifinal Piala Asia 2015.
 
Australia akan bertemu Jepang atau Arab Saudi di babak semifinal yang akan berlangsung di Newcastle.
 
Australia sempat kalah 1 -0 ketika melawan Korea Selatan di Brisbane dalam laga pamungkas di babak penyisihan grup, namun keberhasilan Australia membuktikan ketangguhan tim Soccerooos dengan berhasil menjuarai Grup B setelah mengalahkan China cukup  mengejutkan.
 
Sementara regenerasi atlet sepakbola Australia terus berlanjut, hingga kini Cahill tetap menjadi anak emas yang tidak tertandingi di usianya yang ke-35 saat dia berhasil membuat 46.067 orang penonton yang memenuhi stadion Brisbane terpesona menyaksikan dua gol indah yang berhasil dicetaknya.
 
Dalam pertandingan babak perempat final, Kapten tim Australia, Mile Jedinak ditempatkan mengawal lini tengah, Mark Bresciano sebagai bek kanan dan Jason Davidson di bek kiri, sementara Alex Wilkinson menggantikan posisi Matthew Špiranović yang masih terkena hukuman tidak boleh bermain.
 
Kocok ulang posisi pemain ini berhasil membangun ritme permainan yang bagus dalam babak pertama pertandingan meski tidak membuahkan gol. tercatat Australia menguasai 77 persen penguasaan bola tetap hanya berhasil melesakan dua tendangan ke gawang lawan.
 
Tendangan Matthew Leckie dari arah kiri berhasil ditepis oleh kiper China Wang Dalei, sementara Trent Sainsbury gagal memanfaatkan kesempatan membobol gawang China karena sundulannya yang terlampau lemah.
 
Cahill kembali membuktikan diri sebagai pemain yang berhasil memecahkan kebuntuan bagi Australia dengan dua gol indah nya.
 
Gol pertama berawal ketika Cahill mendapatkan kesempatan setelah menerima umpan bola dari Ivan Franjic di muka gawang, sebelum akhirnya dia sambil bersalto kebelakang dan berhasil menyarangkan bola ke gawang China.
 
Gol kedua terjadi ketika Cahill menyambut umpan bola dari Davidson Cross dengan melakukan sundulan langsung dari jarak jauh ke gawang China yang tidak mampu ditahan oleh penjaga gawang China Wang Dalei.
 
"Kami tahu jika kita terus melakukan ritme permainan kita, terutama dalam menit ke 10, 15  di babak kedua, kita akan mendapatkan peluang kami dan itulah yang terjadi," kata kapten Jedinak setelah pertandingan.
 
"Cahill lagi, dia berhasil mencetak skor bagus,"
 
"Secara keseluruhan, ini merupakan upaya tim yang fantastis. Sangat disiplin, sangat terorganisir dan saya sangat bangga dengan tim saya setiap menitnya,"
 

Tim Cahill dan Socceroos merayakan gol kemenangan.