ABC

Peternak Ikan Sponsori Pembuatan Kandang Elang Seharga $20.000

Seorang produsen ikan salmon asal Tasmania mendanai pembuatan kandang seharga $20.000 atau lebih dari Rp200 juta untuk elang yang terluka.

Dengan peternakan ikan sebagai sumber makanan menggoda untuk elang laut, akhirnya banyak elang laut yang terjerat didalam jaring.
 
Saat ini peternakan ikan salmon miliknya Huon Aquaculture tergerak untuk membantu mensponsori pembuatan kandang baru di lembaga penyayang satwa burung pemangsa Raptor Refuge dan taman nasional yang merawat burung-burung yang terluka karena tersangkut di saluran listrik, turbin angin dan peternakan ikan.

"Kandang yang baru ini sangat  bagus dan baru dioperasikan beberapa minggu saja,” kata perawat di taman nasional Craig Webb.

"Kandang ini 20 - 30 persen lebih besar dan lebih bagus dan lebih tahan lama dibandingkan kandang yang lama,” katanya.

Frances Bender, pemilik Huon Aquaculture, melihat inisiastif ini sebagai perpanjangan logis dari bisnis peternakan ikan miliknya.

"Bisnis kami bergerak di bidang lingkungan alami dan secara tidak sengaja dan disayangkan usaha kami membuat burung-burung itu terjerat dan karenanya kami ingin berbuat sesuatu di masyarakat,” kata Bender.

Kandang yang  bisa memuat lebih dari 10 burung itu dibuat dari jaring yang sama dengan jaring yang digunakan di peternakan ikannya.

Di atas air, Huon Aquaculture telah memperkenalkan jenis jaring baru yang mencegah satwa liar tergoda untuk memangsa ikan salmon mereka yang merupakan target mangsa yang mudah didapat.

Peternakan ikan mereka menggunakan rancangan jaring dua lapis yang dijuluki “banteng”.

Bender mengatakan manfaat dari desain jaring baru sudah terbuktikan.

"Kami tidak memiliki segel intrusi, kami sudah tidak ada campur tangan burung," katanya. "Kami sudah tidak terjerat dalam jaring baru."

"Sudah tidak ada lagi ikan yang menyusup ke kolam pembiakan ikan salmon kami, begitu juga dengan burung, dan sejauh ini tidak ada lagi hewan-hewan yang terjerat di jaring kami,” tuturnya.