ABC

Petenis Unggulan Menang Mudah, Petenis Australia Tersingkir Di Putaran Awal

Sejumlah petenis unggulan berhasil melalui putaran awal turnamen Australia Open dengan mudah. Sementara sejumlah petenis Australia justru terjegal diputaran awal.

Petenis putri AS, Serena Williams yang sempat menanti lama untuk bisa kembali berlaga di Australia Open, menang mudah atas petenis Jerman, Tatjiana Maria di Arena Melbourne Park.

Serena Williams sempat absen dari pertandingan Australia Open tahun lalu, menyusul kelahiran putrinya Alexis Olympia pada akhir 2017, dan unggulan ke-16 dunia itu bangkit dari peringkat yang ditinggalkannya selama absen dengan menang mudah 6-0, 6-2 atas petenis Jerman Tatjiana Maria di Rod Arena Laver.

"Agak aneh berjalan kembali sendirian kali ini, tapi rasanya enak," kata Williams setelah mengalahkan Maria.

"Saya memiliki begitu banyak kenangan indah tentang terakhir kali saya berada di sini. Jujur, itu adalah kemenangan terbaik (2017) dalam karir saya. Sangat menyenangkan untuk kembali."

Banyak yang telah dilalui terkait karirnya sebagai petenis professional sejak dia memenangkan Daphne Akhurst Memorial Cup dan juga Australia Open dua tahun lalu ketika hamil delapan minggu.

Setelah jeda yang panjang, ia kembali ke WTA Tour tahun lalu dan mencapai sukses mencapai final Wimbledon tetapi permainnya di sepanjang musim 2018 diselingi oleh kekalahannya di final AS Terbuka oleh petenis Jepang Naomi Osaka.

Williams dihukum setelah menyerang ketua wasit Carlos Ramos dan kemudian didenda $ 24.000 untuk tiga pelanggaran aturan selama kekalahan 6-2, 6-4 oleh Osaka, yang juga termasuk menerima pelatihan dari mentornya, Patrick Mouratoglou, dan melanggar ketentuan raket.

Namun pertandingan di Rod Laver Arena Selasa (15/1/2019) sore ini berlangsung tenang bagi Serena Williams. Di tengah cuaca terik, Williams berpacu melalui set pembuka hanya dalam waktu 19 menit, setelah sempat kebobolan lima poin.

Sementara di set kedua, Maria sempat menguasai 2 service namun tidak cukup untuk mengalahkan petenis unggulan AS itu. Hanya butuh waktu 49 menit bagi Williams untuk mengakhir permainan dan maju ke putaran kedua, seiring upayanya meraih gelar juara tunggal puteri ke-24, yang akan membuatnya setara dengan rekor yang dipegang oleh petenis Australia Court Margaret.

Dia akan menghadapi Eugenie Bouchard di babak kedua, dimana petenis Kanada itu bertekad merebut kembali prestasinya yang sempat melaju hingga ke semi final Australia Open tahun 2014.

Williams bukan satu-satunya unggulan putri yang tampil mengesankan pada hari kedua, dengan wanita senegaranya dan unggulan 17 Madison Keys mengalahkan remaja Australia, Destanee Aiava 6-2, 6-2.

Warga Australia lainnya, Ajla Tomljanovic mendorong Johanna Konta ke jurang pertemuan pertama sebelum pembalap Inggris itu menang 7-6 (7-4), 2-6, 7-6 (10-7)

Unggulan ketujuh Karolina Pliskova mengalahkan sesama petenis Ceko Karolina Muchova 6-3, 6-2 dan unggulan ke-12 Elise Mertens dari Belgia menang 6-2, 7-5 atas petenis Slovakia Anna Karolina Schmiedlova.

Petenis putera unggulan terus melaju

Kei Nishikori
Kei Nishikori menempatkan kantung es didadanya selama istirahat melawan Kamil Majchrzak.

AP: Mark Schiefelbein

Di luar tiga besar Novak Djokovic, Rafael Nadal dan Roger Federer, Alexander Zverev yang berperawakan kurus dari Jerman dianggap memiliki peluang terbaik untuk mengangkat trofi tunggal putra di Melbourne Park.

Unggulan keempat ini cukup menunjukkan potensinya yang luar biasa untuk memulai penampilannya dengan kemenangan 6-4, 6-1, 6-4 atas Aljaz Bedene di Rod Laver Arena.

Sejumlah petenis yang melaju ke putaran selanjutnya di hari kedua ini adalah Kei Nishikori Jepang yang menundukan petenis asal Polandia Kamil Majchrzak dengan skor 3-6, 6-7 (6-8), 6-0, 6-2, 3-0 setelah hampir tiga jam bermain di Margaret Court Arena.

Unggulan ke-15 Rusia Daniil Medvedev maju dengan cara yang lebih nyaman dengan mengalahkan petenis kualifikasi asal Afrika Selatan Lloyd Harris 6-1, 6-2, 6-1.

serta Borna Coric, petenis Kroasia unggulan ke-11, juga maju setelah mengalahkan petenis Belgia Steve Darcis 6-1, 6-4, 6-4.

Petenis Australia tersingkir

Thanasi Kokkinakis
Thanasi Kokkinakis mengalami cedera bahu yang memaksanya berhenti bermain di tengah pertandingan di awal putaran.

AP: Kin Cheung

Sementara petenis putera Australia, Thanasi Kokkinakis terpaksa mundur di tengah pertandingan di putaran pertama Australia Open saat melawan Taro Daniel dari Jepang karena masalah cedera bahu.

Kokkinakis sempat memenangi set pertama dari pertandingannya melawan Daniel 7-5, sebelum meminta timeout medis di awal set kedua untuk menerima perawatan di bahu kanannya.

Pemain Australia itu berjuang untuk beberapa pertandingan lain sebelum akhirnya menghentikan pertandingan, dengan Daniel memimpin 4-2 30-0 pada set kedua.

Sementara itu, Daria Gavrilova menjadi petenis yang paling awal meninggalkan arena Australia Open dalam empat tahun terakhir setelah tersingkir di babak pembuka oleh Tamara Zidansek dari Slovenia.

Nasib buruk juga dialami petenis puteri Australia lainnya Samantha Stosur.

Samantha Stosur
Samantha Stosur kembali mengalami kekalahan di awal putaran Australia Open dan sudah terjadi selama 4 tahun berturut-turut.

AAP: Lukas Coch

Rekor menyedihkan Samantha Stosur di Melbourne Park terus berlanjut dengan kekalahan pada putaran pertamanya atas pemain yang tengah naik daun asal Ukraina, dayana Yastremska.

Ini menjadi kekalahannya yang keempat kali secara beruntunnya di babak pembuka Australia Open.

Stosur, petenis asal Queensland yang merupakan satu-satunya wanita Australia yang pernah memenangkan gelar utama sejak Evonne Goolagong Cawley pada 1980 ini kalah dari pemain berusia 18 tahun itu dengan skor 7-5, 6-2 dalam pertandingan berdurasi satu jam 18 menit.

Dirangkum dari artikel bahasa Inggris disini dan disini.