ABC

Petani Australia Lirik Crowdfunding Untuk Biayai Proyek

Usaha mengumpulkan uang dari masyarakat lewat internet, atau crowdfunding, biasanya dilakukan oleh mereka yang ingin menjalankan proyek-proyek kreatif, seperti seni dan film.

Namun, kini petani di Australia pun ikut melakukan crowdfunding untuk proyek mereka.

Jenny Quealy, manajer pemasaran lembaga pemerhati penggunaan lahan Landcare New South Wales (NSW)  menyatakan bahwa lembaga Landcare dan Pozible, salah satu wahana internet untuk pengumpulan dana secara patungan, telah membentuk kerjasama. 

Sebanyak 25 proyek akan dipilih bulan September 2014, dalam rangka minggu Landcare.

"Landcare baru menerima 100 proposal, mulai dari peternakan ikan, tangga ikan, penyelamatan spesies yang terancam punah, penanaman pohon di daerah terdampak kebakaran hutan...bahkan pembuatan gudang baru," cerita Quealy.

"Kita seringkali menganggap pertanian bukanlah usaha kreatif, padahal sebaliknya. Sudah waktunya para petani, peternak dan produsen terlibat, mengajukan gagasan dan melihat apakah mereka bisa mendapat bantuan dana dari dunia."

Mereka yang ingin mengikuti crowdfunding ini bahkan tak perlu terlalu melek teknologi, lanjut Quealy.

"Sisi teknisnya sudah dikerjakan," katanya, "Karena yang mengatur itu adalah wahananya. Sederhana sekali, kunjungi situs tempat Landcare and Environment Collection, dan di sana anda bisa mendapatkan formulir sederhana. Di situ, anda bisa memulai sebuah proyek."