ABC

Petani Australia Barat Pamerkan Produk di Singapura

Iklan produk segar Australia Barat segera ditayangkan di TV Singapura sebagai bagian dari kampanye senilai $ 8 juta yang bertujuan meningkatkan permintaan produk-produk kualitas terbaik serta meningkatkan nilai industri pertanian negara bagian tersebut.

Kampanye bernama Western Australia Worth Sharing itu mengajak konsumen di seluruh dunia untuk bertemu produsen dan perusahaan di balik produk-produk itu serta berinvestasi dalam pertanian di Australia Barat.

Menteri Utama (Premier) Australia Barat Colin Barnett bersama lebih dari 20 produsen makanan dan seafood negara bagian itu berada di Singapura untuk meluncurkan kampanye.

"Hubungan Australia dan Singapura selalu dekat, khususnya antara Perth dan Singapura," kata Premier Barnett.

"Singapura mungkin lebih mudah diakses dari Perth daripada Sydney," tambahnya.

Barnett mengatakan masih ada ruang untuk pertumbuhan ekspor pertanian Australia Barat ke Singapura.

"Sekarang kami ingin menampilkan industri pertanian kami, yang secara tradisional merupakan produk massal seperti gandum, biji-bijian, wol, daging dan lainnya," jelasnya.

"Namun transisi yang terjadi di bidang pertanian ditandai munculnya banyak produk baru yang fokus pada kualitas tinggi, keamanan pangan dan produk premium," tambah Premier Barnett.

"Kita berada di puncak konsumen kalangan atas, restoran dan hotel di kota-kota besar tersebut," katanya lagi.

Namun Premier Barnett mengatakan kampanye ini bukan hanya bertujuan meningkatkan penjualan, tapi juga bertujuan untuk meningkatkan investasi Singapura di sektor pertanian Australia Barat.

"Kami mengundang warga Singapura untuk terlibat dalam semua aspek industri," ujarnya.

Dia mengatakan beberapa pihak mungkin memilih investasi di lahan pertanian atau dalam perikanan.

"Terutama dalam usaha baru seperti akuakultur yang berkembang pesat di Australia," katanya.

"Tapi juga kita sampaikan ini kesempatan besar bagi Singapura untuk masuk dalam pengolahan, pengemasan dan pemasaran baik di Singapura dan di tempat lain," jelas Premier Barnett.

"Kami berupaya mengembangkan bukan hanya sektor-sektor pertanian baru tetapi juga mengintegrasikannya dengan industri makanan Singapura," katanya.

"Ini konsep pemasaran yang beda. Kami tidak hanya menganjurkan untuk membelinya karena hal itu baik, membeli karena kami ingin berbagi dengan Anda dalam setiap aspek industri ini," tuturnya.

Dia berharap bisa melihat produk yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pasar secara spesifik.

"Industri pertanian di Australia Barat bernilai sekitar $ 8 miliar. Kami memperkirakan dengan strategi ini dapat meningkatkannya dua kali pada 2030, namun akan berupa pertanian yang lebih terspesialisasi."

Diterbitkan Pukul 15:00 AEST 15 Desember 2016 oleh Farid M. Ibrahim dari artikel berbahasa Inggris.