ABC

Petani Anggap Industri Buah di Australia Bukan Solusi Masalah Pengangguran

Kalangan petani di Tasmania, Australia, menolak pandangan bahwa industri buah di negara bagian itu merupakan solusi bagi tingginya tingkat pengangguran di kalangan anak muda. Melibatkan para pengangguran untuk memetik buah tidak semudah yang dibayangkan karena hal itu memerlukan keahlian tersendiri.

Kementerian Tenaga Kerja Australia telah memperingatkan jika para penganggur tidak akan memiliki hak untuk mendapat bantuan pemerintah, jika mereka tidak mau bekerja di lapangan pekerjaan yang tersedia.

Di bawah perubahaan anggaran nasional yang baru, pembayaran bagi para penganggur akan ditangguhkan hingga enam bulan, kecuali jika mereka telah mendaftarkan mengikuti kursus yang disetujui pemerintah.

Senator Eric Abetz beberapa waktu lalu menyebutkan salah satu contoh industri yang mulai bisa dicoba bagi mereka yang masih belum mendapat pekerjaan.

"Banyak sekali ya contoh lapangan pekerjaan, seperti di daerah asal saya, Tasmania. Misanya pekerjaan memetik buah-buahan, atau bekerja di peternakan. Sedih sekali karena 90 persen yang bekerja memetik buah malah mereka yang berasal dari luar negeri," ujar Abetz.

"Jika orang dari luar negeri saja mau bekerja memetik buah di Tasmania, ini menjadi pertanyaan mengapa mereka yang muda dan menganggur di Tasmania justru tidak mau melakukannya," tegasnya.

Abetz juga menambahkan, "tidak ada hak untuk meminta bantuan dari warga Australia lain jika karena mereka tidak mau bekerja menjadi kurir roti, atau menyetir taksi, atau bekerja di pertanian, yang kemudian malah menggantungkan diri pada warga Australia lain untuk mensubsidi hidupnya."

Bukan kegiataan kemanusiaan

Pernyataan Senator Eric Abetz ini menyebabkan kemarahan Asosiasi Petani Tasmania. Salah satu anggotanya, Jan Davis mengatakan akan menyampaikan keberatannya kepada Kementerian Tenaga Kerja.

Ia mengatakan industri buah-buahan dan sayuran bukan menjadi tempat untuk kegiatan yang mendukung kesejahteraan sosial.

"Kita tidak bisa melakukan kesejahteraan sosial melalui struktur bisnis (industri ini)", ujar Davis. 

"Jika pemerintah ingin industri kami menjadi 'pengasuh' dan menjalankan program kesejahteraan sosial, perlu ada percakapan apa saja yang terlibat. Tapi bukan menjadi bagian dari penawaran komersil," tegasnya.

Pengangguran di tingkat anak muda di Tasmania mencapai 17 persen. Davis mengatakan memetik buah adalah pekerjaan musiman, bukan pekerjaan tetap, dan membutuhkan kemampuan khusus dan komitmen.

Ikuti Kompetisi Belajar Bahasa Inggris di Australia - Klik tautan berikut: https://apps.facebook.com/australiaplus