ABC

Pesawat AS United Airlines Mendarat Darurat di Sydney

Polisi telah menetapkan keadaan 'tanggap darurat penuh' dan jalan-jalan di sekitar Bandara Sydney ditutup keitka pesawat maskapai AS United Airlines dari Los Angeles membuat permintaan untuk mendarat darurat hari Kamis (4/10/2018) pagi.

Pesawat dengan nomor penerbangan UA839 dengan 239 orang di dalamnya mendarat dengan selamat, meskipun pilot menyampaikan adanya masalah sekitar jam 6 pagi.

Sekitar satu jam kemudian, petugas pengatur lalu lintas udara terdengar bertanya kepada pilot pesawat tersebut 'apakah anda yakin pesawat memiliki cukup bahan bakar untuk bisa sampai ke pintu kedatangan."

Pihak berwenang mengatakan pesawat Dreamliner 787-900 yang memang dijadwalkan ke Sydney memang kekurangan bahan bakar dan pilot mengikuti prosedur untuk memberi tahu.

Badan regulator keamanan penerbangan Airservices Australia mengatakan tidak ada penumpang yang mengalami gangguan dalam pendaratan dan panggilan darurat 'mayday tersebut muncul otomatis ketika petunjuk bahan bakar turun ke tingkat tertentu.

"Pesawat United 839 dari Los Angeles ke Sydney mendarat dengan aman di Sydney setelah adanya masalah mekanis. Pesawat bisa mencapai pintu kedatangan dan seluruh pelanggan turun dengan normal."

Biro Keamanan Transport Australia (ATSB) sedang mengkaji insiden tersebut.

Seorang juru bicara Airservices Australia mengatakan kejadian seperti ini 'bukanlah hal yang tidak biasa."

"Ini tidak berarti tidak ada bahan bakar tersisa dan pesawat harus mendarat segera." katanya.

"Pesawat masih memiliki banyak bahan bakar."

Setelah permintaan darurat tersebut, petugas lalu lintas udara terdengar memberitahu sebuah pesawat Qantas dari Darwin untuk mengubah rute penerbangan di saat pesawat United Airlines tersebut bersiap mendarat.

Polisi New South Wales mengatakan jalan-jalan utama di sekitar bandar setempat ditutup sebagai tindakan berjaga-jaga sekitar pukul 6.30 pagi, namun dibuka kembali beberapa saat kemudian.

Di darat, paramedis dan petugas pemadam kebakaran sudah disiapkan namun di dalam pesawat banyak penumpang tidak mengetahui adanya hal yang aneh.

Ada laporan bahwa es kering tumpah di dalam pesawat namun Airservices Australia mengatakan bahwa laporan tersebut tidak benar.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini