ABC

Pesan Lingkungan Dari Papan Seluncur Terbuat Dari Puntung Rokok

Dari banyak tantangan yang dihadapi saat peselancar Taylor Lane memutuskan membuat papan selancar dari puntung rokok, hal yang paling mudah adalah menemukan jumlah puntung rokok sesuai yang dibutuhkan.

Hanya butuh waktu 10 hari bagi peselancar berbasis di Amerika Serikat ini untuk mengumpulkan 10.000 puntung rokok. Ia dibantu kelompok yang merawat lingkungan di kawasan pantai. Taylor merasa sedikit terkejut dengan apa yang dilihatnya setiap hari.

"Bila Anda berhenti untuk melihat sekeliling, Anda akan melihat puntung rokok hampir di mana-mana," kata Taylor.

"Dan semakin parah saat sampai di pantai."

"Tempat parkir penuh dengan puntung rokok, dan ratusan puntung terbawa ke laut lewat saluran air."

Diperkirakan ada jutaan puntung rokok yang dibuang begitu saja di dunia.
Diperkirakan ada jutaan puntung rokok yang dibuang begitu saja di dunia.

ABC Local: Anthony Pancia

Taylor dan mitra desain Ben Judkins mendapat gagasan membuat papan selancar dari puntung rokok, setelah mengikuti sebuah kontes yang mengajak memanfaatkan sampah menjadi kerajinan yang bermanfaat berkaitan dengan selancar.

"Awalnya, saya pikir idenya agak tidak mungkin," kata Taylor.

"Tapi gagasan itu dengan cepat mulai terwujud dan setelah membuat sejenis protiipenya kemudian menjadi layak dan tak sabar lagi membuatnya."

Meski Taylor "tidak sepenuhnya terkejut" dengan seberapa cepat ia bisa mengumpulkan puntung rokok yang dibutuhkan, tapi ini membuktikan soal masalah sampah.

"Sangat mengejutkan berbicara dengan beberapa relawan yang mengumpulkan sampah di pantai secara rutin," kata Taylor.

"Maksudnya, saya selalu menduga jika ini adalah sebuah masalah, tetapi jelas semakin membuka mata betapa besarnya masalah ini."

Papan seluncur menyebarkan pesan

Dengan puntung rokok yang dikumpulkan, Taylor mulai membuat papan selancar, mengisinya papannya dengan beberapa ratus puntung rokok.

Meski terlihat bagus, pada awalnya sempat gagal, saat papan malah terisi air saat berselancar.

Lapisan resin tambahan membuat papan seluncur yang kedua lebih tahan air.

Dia memperkirakan proses yang lengkap untuk membuatnya memakan waktu "lebih dari 200 jam" dengan banyak pelajaran yang diambil.

Seperti yang sudah diperkirakannya, Taylor dengan mudah bisa dapatkan ribuan puntung rokok.
Seperti yang sudah diperkirakannya, Taylor dengan mudah bisa dapatkan ribuan puntung rokok.

Source: Taylor Lane

Taylor juga mengatakan bahwa papan seluncurnya tidak hanya baik, tapi terbukti menjadi perbincangan di kalangan peselancar dan pengunjung pantai.

"Orang-orang keheranan saat pertama kali melihatnya, karena ini adalah konsep yang sulit untuk dipikirkan," kata Taylor.

"Ini seperti membuat sebuah pohon dari gergaji, tapi saya pikir kita telah menginspirasi beberapa orang dan mulai menjelaskan masalah pencemaran yang lebih luas."

Ia berencana untuk mendapatkan peselancar ternama dunia di Amerika Serikat dan Australia, untuk menggunakan papan selancarnya, dengna tujuan agar mereka bisa menyampaikan pesan soal dampak puntung rokok terhadap lingkungan.

Taylor mengatakan proses pembuatannya terbukti menjadi pembuka mata bagaimana kerusakan lingkungan akibat puntung rokok.

"Ada yang mengira terbuat dari katun atau fiberglass, tapi sebenarnya terbuat dari plastik sehingga tidak akan pernah terurai," kata Taylor.

"Selain itu, banyak mengandung bahan kimia, seperti isotop arsenik dan radioaktif sehingga pada dasarnya racun-racun ini dikeluarkan lewat saluran air.

"Karena puntung rokok adalah sampah yang banyak tersebar dimana-mana, kerusakannya terhadap lingkungan sangatlah besar."

Anda bisa simak program War the Waste dengan belangganan podcast di ABC Radio App, iTunes atau aplikasi podcast favorit Anda.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris disini.