ABC

Perusahaan Efek Visual Adelaide Sukses di Hollywood

Sebuah perusahaan di kota Adelaide, Australia Selatan, tengah mengerjakan proyek film rahasia. Diharapkan, proyek ini akan kembali membawa sukses bagi mereka, setelah sebelumnya berhasil mencuri perhatian berkat kerja mereka untuk film Gravity, yang dibintangi aktris Sandra Bullock.

Meskipun rahasia, bisa diberitakan bahwa pekerjaan itu untuk film terbaru dalam franchise X-Men.

Perusahaan tersebut bernama Rising Sun Pictures, yang membuat efek visual film. Beberapa film Hollywood yang menggunakan jasa Rising Sun Pictures misalnya X-Men: Day of Future Past dan Gravity, yang tahun ini memenangkan penghargaan Academy Award untuk efek visual terbaik.

Rising Sun Pictures mengerjakan adegan dua setengah menit dalam Gravity, saat sebuah stasiun luar angkasa kembali memasuki atmosfir bumi.

Nama studio tersebut pun disebutkan dalam pidato penerimaan penghargaan.

Paul Kirwan, pengawas bidang pengambilan gambar dalam Gravity, mengatakan bahwa pembuatan adegan tersebut memakan waktu 15 bulan dan melibatkan 25 seniman.

"Kami mengerjakan sampai tahap tertentu, kemudian mengirim hasilnya ke sutradara. Ia akan bicara dengan kita lewat telepon atau internet...memberi masukan, kemudian kita kembali bekerja," ceritanya.

Kirwan sebelumnya bekerja di Los Angeles dan London.

Adelaide mungkin tak seterkenal dua kota itu, dan bahkan tidak seterkenal kota Sydney yang sama-sama berada di Australia. Tak banyak yang menduga bahwa di kota ini lah dihasilkan adegan-adegan film Hollywood.

Salah satu pendiri Rising Sun Pictures, Gail Fuller, bahkan berkata banyak yang tidak tahu dimana letak Adelaide.

Namun, perusahaan ini terbukti sukses. Film-film lain yang telah digarap oleh Rising Sun misalnya lima seri film Harry Potter dan The Great Gatsby.