ABC

Perusahaan Australia Temukan Berlian Raksasa Senilai $20 Juta di Angola

Berlian seberat 20-karat yang diperkirakan bernilai lebih dari $20 juta atau sekitar Rp191 miliar ditemukan di Afrika Selatan oleh perusahaan tambang berbasis di Perth.

Sebuah perusahaan berbasis di Perth secara mengejutkan mendapatkan harta karun di Afrika Selatan, setelah menemukan berlian senilai lebih dari $20 juta.
 
Perusahaan Berlian Lucapa menemukan berlian 404 karat di tambang penggalian berlian Lulo Diamond Project milik perusahaan tersebut yang berlokasi di provinsi Lunda Norte, di Timur Laut Angola.
 
Ini adalah berlian terbesar yang pernah ditemukan di Angola.
 
Bos Lucapa,  Miles Kennedy mengatakan hal ini merupakan prestasi besar.

"Ketika kami pertama kali melihat di lokasi penggalian seluas 3.000 kilometer persegi tanah yang belum  tersentuh, letaknya 700 kilometer di pedalaman dari pantai, Anda berbicara tentang daerah yang sangat, sangat jauh," katanya.
 
"Hari ini hasilnya adalah sebuah pembuktian kerja keras yang cukup sulit selama 8 tahun."
 

"Ini merupakan berlian terbesar yang pernah tercatat dari negara Angola dan ini juga  merupakan berlian terbesar yang pernah ditemukan oleh perusahaan berlian asal Australia,"

Menurutnya ini merupakan berlian putih yang sangat  spektakuler, yang dianggap sebagai berlian berkualitas istimewa dan dapat dipasarkan dengan harga lebih dari $20 juta.

"Kami tidak terbiasa menilai berlian seberat 400 karat, tapi jika kita melihat berlian-berlian lain yang lebih kecil beratnya dari berlian temuan kami ini, maka sepertinya taksiran harganya sekitar $20 juta," kata Kennedy.

Kennedy memiliki sejarah panjang mencari berlian, dia pernah membuka tambang penggalian berlian Ellendale di Kimberley, Australia Barat  pada tahun 1990-an.

Dia membawa tim geologi dari pertambangan Ellendale ke Angola ketika membuka perusahaan Lucapa.

"Saya membuka tambang berlian Ellendale dari beroperasi disana dari 1993 hingga 2007, jadi selama 14 tahun dan ketika itu kami hanya menemukan berlian dengan berat sekitar 10,8  karat, yang dikenal sebagai berlian istimewa," kata Kennedy.

"Dengan perusahaan di Angola ini kami sekarang mendapat 100 buah berlian istimewa ini selama 6 bulan terakhir,"

Dia mengatakan perusahaannya mendapatkan suntikan dana yang besar dari penjualan berlian ini dan memungkinkan perusahaannya memperluas operasinya di Angola.