ABC

Pertumbuhan Ekonomi NSW Tertinggi di Australia

New South Wales (NSW) tetap menjadi negara bagian dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Australia disusul Victoria di tempat kedua, menurut laporan tiga bulanan State of the States yang dibuat oleh CommSec.

Laporan menunjukkan bahwa baik NSW dan Victoria memiliki performa bagus dalam semua peringkat ekonomi penting termasuk pertumbuhan jumlah penduduk, investasi peralatan dan konstruksi.

Ekonom kepala CommSec Craig James mengatakan keadaan sekarang berubah dari dua negara bagian yang sebelumnya mengalami boom di bidang pertambangan, Queenslan dan Australia Barat.

"Sekarang ini kita memiliki ekonomi dengan dua kecepatan berbeda." kata James.

"Kali ini yang memimpin adalah NSW dan Victoria, dan bukan lagi negara bagian yang kaya bahan tambang sepertti Australia Barat."

"NSW adalah negara bagian yang paling bagus perkembangan ekonominya. Dari delapan indikator ekonomi utama, NSW menduduki peringkat pertama di lima indikator." tambah James.

James mengatakan Victoria juga bagus dalam semua indikator tersebut, hanya saja masih di bawah NSW.

"Victoria berada di tempat kedua di enam dari delapan indikator." katanya menambahkan.

"Jadi NSW dan Victoria berada di garis terdepan, lebih baik dari Australian Capital Territory (ACT) dan di negara bagian lain sisanya tidak banyak perbedaan diantara mereka."

Pertumbuhan penduduk mendorong kebutuhan perumahan

Pertumbuhan jumlah penduduk menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi di New South Wales.

James mengatakan bahwa pertumbuhan pembangunan rumah merupakan kunci pertumbuhan ekonomi, ditambah investasi di bidang peralatan dan perdagangan retail.

"Pertumbuhan penduduk yang kuat mendorong kebutuhan perumahan, dan dengan semakin banyak rumah dibangun, semakin banyak rumah yang diijual, dan ini menciptakan efek domino di NSW, Victoria dan ACT." kata James.

ACT dan Northern Territory mencatat tingkat pengangguran yang rendah, dengan angka di bawah 4 persen, sehingga berada di peringkat ketiga.

Negara bagian yang menggantungkan diri pada pertambangan Queensland turun dari peringkat kelima ke peringkat keenam.

Laporan menyebutkan meningkatnya pengangguran merupakan kecenderungan besar yang terjadi baru-barui ini di Australia Barat, dengan tingkat pengangguran di tingkat 5,6 persen, 26,6 persen lebih tinggi dibandingkan rerata dalam 10 tahun terakhir.

Negara bagian paling buruk adalah Tasmania, dan James mengatakan sedikitnya penduduk di Tasmania menjadi sebab, sementara Australia Selatan berada di peringkat kelima.

"Namun turisme menjadi titik yang cerah bagi Tasmania, sementara di Australia Selatan adalah kontrak di bidang pertahanan."

James mengatakan ekonomi Australia memiliki beberapa prospek cukup cerah, dengan beberapa ketidakpastian sekarang sudah hilang.

"Pemilu sudah selesai, demikian juga dengan Brexit, dengan sekarang tinggal pemilu di Amerika Serikat yang tidak akan banyak mempengaruhi kita." kata James.

"Australia lebih baik dibandingkan perekonomian besar di dunia lainnya saat ini."

Diterjemahkan pukul 13:44 AEST 25/7/2016 oleh Sastra Wijaya. Simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini