ABC

Pertumbuhan Ekonomi Australia Lebih Baik dari yang Diperkirakan

Pertumbuhan ekonomi Australia selama bulan Desember tahun lalu lebih besar dari yang diperkirakan, dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi tahunan 2013 menjadi 2,8 persen.

Pada kwartal Desember, produk domestik bruto (PDB) tercatat naik sebesar 0,8 persen, lebih besar dibanding tingkat pertumbuhan 0,6 persen pada kwartal Desember.

Hal ini disebutkan dalam Catatan Nasional Biro Statistik Australia.

Sedangkan survei 28 analis oleh Bloomberg menunjukkan bahwa prediksi para ekonom kebanyakan berkisar 0,7 persen untuk kwartal Desember dan 2,5 persen untuk pertumbuhan tahunan.

Menurut Biro Statistik, pertumbuhan PDB bulan Desember dipicu oleh kontribusi poin persentase sebanyak 0,6 dari ekspor bersih dan 0,5 dari pembelanjaan konsumen.

Investasi bisnis mengurangi 0,5 poin persentase dari GDP.

Menurut ekonom JP Morgan, Stephen Walters, yang berbicara pada Reuters, ekonomi domestik Australia tetap terlihat lemah.

Namun ekonom AMP Capital Investors, Shane Oliver, berpendapat bahwa angka-angka tersebut menunjukkan bahwa transisi dari pertumbuhan yang dimotori investasi pertambangan ke sektor lain berjalan mulus.

Annette Beacher, kepala bidang riset Asia Pasifik di TD Securities, menunjukkan bahwa data di tahun baru menunjukkan adanya perbaikan.

"Data yang sejauh ini ada untuk kwartal Maret (penjualan ritel, persetujuan membangun, lowongan kerja) menunjukkan bahwa ada kemungkinan peningkatan momentum lebih lanjut," nyatanya.

Sedangkan Menteri Bendahara Negara Joe Hockey menginginkan hasil yang lebih baik. "Kita butuh pertumbuhan tren, atau yang lebih baik - sebanyak 3 hingga 3,25 persen, untuk menurunkan angka pengangguran," ucapnya.

Dollar Australia mengalami kenaikan tajam setelah data ini dirilis. Pada jam 11:32 AEDT, nilainya mencapai 89,9 sen terhadap dollar AS.