ABC

Pertanian di Australia Diakui Berkelanjutan oleh PBB

Pendekatan lingkungan yang radikal yakni menahan air di bendungan yang bocor di sebuah pertanian - satu dari lima jenis pertanian saja di dunia - telah diakui PBB sebagai metode pertanian yang berkelanjutan.

Mulloon Creek, yang terletak dekat Braidwood di New South Wales, menggunakan metode pakar pertanian Peter Andrews yakni Pengurutan Pertanian Alami – dengan membiarkan gulma tumbuh dan memperlambat gerakan air di sebuah lansekap pertanian.
Lahan pertanian di Mullon Creek ini Pertanian ini telah membuktikan dirinya sendiri selama tujuh tahun terakhir dalam meningkatkan pertumbuhan rumput melawan kekeringan dan menyediakan lebih banyak makanan bagi ternak.
Lahan pertanian ini telah menyusut produktivitasnya sebelum pemiliknya, Tony Coote, mengadopsi metode Andrews untuk mengairi ulang tanahnya.
Mengingat lahan pertanian itu terletak di hulu Sungai Shoalhaven, yang mengalirkan air ke kawasan tangkapan air Sydney.
"Kami membuat pertanian yang lebih berkelanjutan, memperbaiki lingkungan, [memproduksi] air bersih," kata Ketua Mulloon Institute, Gary Nairn.
Setelah meninggalkan karir politik federalnya, Nairn kemudian mengambil alih operasional institute yang menyelenggarakan lokakarya dan kunjungan lapangan di pertanian.

Pertanian pengurutan alami ini telah menjadi metode yang controversial dalam menangani rumput liar dan dams untuk menampung air di tempat lebih lama.
Metode ini pernah diangkat profilnya di salah satu episode dalam program ABC Australian Story.

"Apapun yang kita lakukan dalam program percontohan ini dan sekarang telah mulai meningkat pada tangkapan air keseluruhan, yang mencakup 43 kilometer dari sungai dan 20.000 hektar, adalah dengan membangun bendungan bocor untuk memperlambat air, mengambil energi dari air, "kata Nairn.

Blackberry Mulloon creek dan bebatuan di anak sungai.
Blackberries dan bebatuan membuat rembesan di pertanian alami di Mulloon Creek.

Supplied: Mulloon Institute


"Air didistribusikan ke dalam lansekap, dan itu akan meningkatkan permukaan air dan meningkatkan vegetasi.
"Kami telah meningkatkan daya dukung dalam lansekap di sebelahnya sebesar 60 persen.
"Lebih mudah untuk pertanian, dengan usaha yang lebih sedikit, dan tidak perlu melakukan pengairan.
"Ada satu tahap di Mulloon Creek di mana kita tidak pernah mengukur jumlah hujan di atas lansekap ini selama tiga bulan, tapi di bagian bawah pertanian, di Kolam Peter, anda benar-benar bisa melihat air merembes kembali dari tempat penyimpanan air. "
Mendapat pengakuan berkelanjutan dari PBB
Nairn berharap pengakuan oleh PBB di bawah Target Pembangunan Berkelanjutan akan membantu mengubah undang-undang Pemerintah Negara.
"Ini adalah salah satu dari hanya lima di dunia. Ada satu di Inggris, China, Uruguay, Tanzania, dan satu di Australia," katanya.
Nairn mengatakan Pemerintah NSW sedang mempertimbangkan untuk mengubah undang-undang, setelah seorang tetangga yang melakukan hal yang sama dilaporkan ke pengadilan oleh Kantor Urusan Air dengan ancaman denda $1 juta karena melanggar Undang-Undang Air.

"Tidak ada gunanya menggunakan pohonan asli karena butuh waktu sangat lama untuk menanamnya, tapi pada akhirnya mereka akan mengambil alih, seperti cemara."
SDG bertujuan mengakhiri kemiskinan
Target Pembangunan Berkelanjutan PBB adalah sebuah kesepakatan yang terbentuk pada tahun 2015 untuk mengakhiri kemiskinan dan kelaparan, melindungi planet bumi dari polusi dan perubahan iklim dan memastikan kemakmuran semua orang pada tahun 2030.
Nairn mengatakan proyek penangkapan air memenuhi semua kritesia — pertanian berkelanjutan, air bersih dan perubahan iklim.
Tapi dia merasa frustasi karena proyek pendanaan pengurangan karbon Australia ‘mengunci’ kawasan-kawasan bergulma kayu di Barat NSW.
"Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi ketika anda berhasil menyimpan air di sebuah kawasan, anda akan mengembalikan karbon ke kawasan itu, dan membuatnya lebih produktif dan berkelanjutan,” katanya.
Mulloon Institute memiliki seorang mahasiswa PhD yang mendapatkan pendanaan separuh untuk mempelajari pembangunan modal alam dan isu-isu social, untuk menunjukan kepada para petani di kawasan penangkapan air akan berada pada posisi yang lebih baik pada akhirnya.
Di pertanian Andrews sendiri di Tarwyn Park di bagian atas Hunter Valley, NSW, sekarang sudah dijual kepada perusahaan tambang batubara.
Nairn mengatakan pembahasan sedang berlangsung dengan pemilik baru untuk melihat apakah kawasan ini bisa diambil alih sebagai kawasan percontohan.
Aka nada event pelatihan di Tarwyn Park mulai tanggal 13-17 November 2016 nanti.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

Diterjemahkan 18:45, 18/9/2016, oleh Iffah Nur Arifah.