ABC

Persiapan Melbourne Cup Butuh Beberapa Bulan

Rangkaian balapan kuda Melbourne Cup menjadi salah satu acara olahraga populer di Australia, dengan jumlah penonton bisa mencapai lebih dari 300 ribu setiap tahunnya.

Tentu saja untuk menyiapakan acara pacuan kuda sekelas dunia ini membutuhkan persiapan.

Persiapan untuk rangkaian balapan kuda yang digelar selama hampir seminggu ini sudah dilakukan sejak setahun sebelumnya. Tapi tidak sampai sekitar bulan Juni, dimana persiapan benar-benar dilakukan.

Tonton persiapannya di video berikut ini

Bunga mawar kuning di lapangan pacuan kuda Flemington.
Bunga mawar kuning di lapangan pacuan kuda Flemington.

Foto: ABC, Kristofor Lawson.

Setiap musim dingin, tim yang terdiri dari 18 petugas dan penjaga kebun memulai tugas mereka untuk menyiapkan dan menumbuhkan 16 ribu batang bunga mawar. Tentu membutuhkan waktu berbulan-bulan sebelum bermekaran di pekan pacuan kuda.

Di bulan Juli biasanya panitia sudah menyiapkan infrastruktur yang akan digunakan.

"Ada hampir 19 ribu orang yang bekerja di pacuan kuda selama Melbourne Cup," kata Mark Davies, Executive General Manager di Lapangan Pacuan Kuda Flemington.

"Itu belum termasuk ribuan orang yang bekerja menyiapkan bunga-bunga di seluruh penjuru dunia yang terlibat dalam event ini."

Pada hari Selasa, 1 November, Anda bisa menyaksikan pertandingan Melbourne Cup, lewat layanan internasional dari ABC: Australia Plus TV dan Radio Australia.

TVKlik disini untuk menyaksikan di Australia Plus TV mulai pukul 10 pagi waktu Hong Kong. Atau disini untuk mendapatkan jadwalnya di lokasi Anda.

Radio: Ikuti laporannya di Radio Australia mulai pukul 2:30 sore waktu Australia Timur. Klik disini untuk tahu bagaimana mendengarkannya di lokasi Anda.

Untuk cerita lainnya dari Melbourne Cup dapatikan di facebook.com/AustraliaPlusIndonesia.

Diterbitkan oleh Erwin Renaldi dari artikel aslinya berbahasa Inggris pada 28/10/2016, yang bisa dibaca disini.