ABC

Persahabatan Domba Stewie dengan Dua Ekor Anjing

Seekor domba bernama Stewie di Busselton, Australia Barat ini berteman baik dengan dua ekor anjing.

Ketiganya bahkan kompak tinggal satu atap di rumah pemilik mereka.

“Sudah banyak orang yang berkelakar tentang membuat rebusan (stew dalam Bahasa Inggris, red) yang lezat dari domba Stewie, atau sejenisnya,” kata sang pemilik domba, Susie Riley.

"Tapi Stewie hanya melakukan apa yang dia senang lakukan dan mengambil posisi di sofa bersama ‘orang-orang’ yang lain."

“Orang lain’ yang dimaksud adalah dua ekor anjing bernama Fyfe dan Malabu.

Ketiga ekor hewan ini sering juga terlihat berjalan beriringan di jalan di kota mereka, Busselton di South West, Australia Barat sebagai bagian dari rutinitas harian mereka.

Ritual seperti ini awalnya hanya menarik perhatian beberapa orang saja, tapi sekarang telah meningkat jauh menjadi semacam kursus — sering kali juga menarik sekelompok orang yang dengan senang hati menjadi partisipan dari kegiatan jalan kaki ketiga hewan tersebut.

"Mereka menghabiskan waktu bersama-sama sepanjang hari dan saya akan mengajak mereka semua dan berjalan mengelilingi blok,” tutur Susie Riley.

Susie Riley mengadopsi Stewie setelah domba yang dia diadopsi sebelumnya yang bernama - Cutlet the lamb – mati dan dia segera jatuh hati pada temperamen domba Stewie yang tenang.

Setelah periode awal menetap dirumahnya, masing-masing hewan menemukan tempatnya dan trio dari hewan yang tidak biasa ini pun terbentuk dan Riley menyadari kalau Stewie meniru beberapa tingkah laku dari kedua ekor anjingnya, termasuk dalam hal selera makan yang berlipat.

“Stewie lebih takut pada anjing-anjing itu ketimbang anjing-anjing itu kepadanya,” ungkap Susie Riley.

“Malabu dan Fyfe memiliki pengalaman dengan Cutlet the lamb, sehingga mereka tidak masalah dengan Stewie. Tidak butuh waktu lama bagi ketiganya untuk menyatu sebagai sebuah keluarga, dan sekarang mereka sedikit banyak tidak bisa dipisahkan.

domba stewie
Malabu menghitung domba selama tidur siangnya.

ABC South West: Anthony Pancia.

Namun demikian, layaknya sebuah rumah berbagi yang dihuni oleh tiga orang pria, hari-hari di rumah tersebut terdiri dari tidur, makan dan menonton acara TV selama berjam-jam.

“Stewie tampaknya lebih senang menonton acara olahraga,” kata Susie Riley.

“Tapi dia tidak terlalu suka dengan acara masak memasak.”  

Stewie membangunkan temannya Fyfe dari tidur lelapnya.
Stewie membangunkan temannya Fyfe dari tidur lelapnya.

ABC South West: Anthony Pancia

Diterjemahkan pukul 09:45 AEST 29/6/2017 oleh Iffah Nur Arifah dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini