ABC

Peringkat Sejumlah Universitas di Australia Naik

Enam universitas di Australia mendapat peringkat dalam 100 universitas terbaik di dunia, menurut indeks peringkat dunia terbaru keluaran Times Higher Education (THE).

University of Melbourne naik delapan peringkat, berada di posisi ke-33, Australian National University di peringkat ke-47, University of Queensland dan University of Sydney sama-sama di peringkat ke-60, Sementara dua universitas lainnya, Monash University ada di peringkat 74 dan University of New South Wales di posisi ke-78. Seluruh universitas mendapatkan kenaikan peringkat dari tahun 2015 sebelumnya.

Sementara itu, universitas Oxford di Inggris menduduki posis teratas di dunia, diikuti oleh California Institute of Technology, Stanford dan Cambridge.
Peringkat tahunan ini menilai 980 universitas di seluruh dunia, dengan kategori pengajaran, reputasi internasional, penelitian, seberapa banyak mereka dikutip, serta pendapatan industri.
Amerika Serikat memiliki 63 universitas yang masuk ke dalam 200 besar, sementara ada 32 universitas asal Inggris dan delapan universitas Australia.
"Secara umum, universitas terkemuka di Australia menghasilkan penelitian yang sangat berpengaruh dan sukses menarik bakat-bakat internasional dan berkolaborasi dengan para peneliti dari seluruh dunia," kata Phil Baty, editor dari THE.
Menurutnya, program Excellence in Research for Australia, yang diluncurkan pada tahun 2010 dengan maksud mengevaluasi kualitas penelitian universitas telah memberikan hasilnya, ujarnya.
Tahun ini 24 lembaga pendidikan Australia naik peringkat atau tetap mempertahankan posisi mereka, dan ada empat yang baru masuk ke peringkat atas untuk pertama kalinya.

Peringat Universitas Asia 'Nyata dan Berkembang'

Tapi Phil memperingatkan Australia perlu tetap memperhatikan "kekuatan pendidikan" dari universitas-universitas di Asia, yang banyak naik peringkat pada tahun 2016.

Institusi yang masuk ke peringkat teratas di kawasan Asia adalah National University of Singapore, yang menduduki peringkat ke-24.
"Meskipun gagasan Asia sebagai 'kekuatan pendidikan di masa depan' telah menjadi sesuatu yang klise dalam beberapa tahun terakhir, kenaikan peringkat mereka semakin nyata dan berkembang," kata Baty.
"Keberhasilan Australia di puncak peringkat tidak mendapat jaminan untuk jangka panjang, di saat semakin banyak universitas terkemuka di kawasan Asia yang peringkatnya naik."
ABC/AAP

Diterbitkan oleh Erwin Renaldi pada 22/09/2016 pukul 12:08 AEST, dari artikelnya dalam bahasa Inggris, yang bisa dibaca di sini.