ABC

Peringatan Bahaya Akibat Hujan Lebat di Sejumlah Kawasan di New South Wales

Hujan lebat dengan curah hujan yang tinggi berpotensi menyebabkan banjir bandang di sejumlah kawasan di New South Wales Tenggara, hari Senin (4/01). Biro Meteorologi Austrlia (BoM) memperingatkan warga, terutama mereka yang sedang berlibur di kawasan sungai dan perairan.

Peringatan bagi para pengendara di negara bagian New South Wales, terutama di kawasan tenggara telah dikeluarkan. Mereka diminta untuk menghindari perjalanan ke sejumlah daerah, setelah adanya perkiraan hujan turun hingga 140 milimeter. 

Pengamat cuaca Dimitri Danchuk mengatakan hujan lebat akan turun di sejumlah kawasan timur hingga selatan New South Wales.

"Daerah yang paling akan terkena secara signifikan adalah  Moruya dan Batemans Bay, dan kawasan dataran tinggi di sebelah selatan antara Bowral dan Braidwood," kata Danchuk.

Menurutnya curah hujan tinggi sudah terjadi sepanjang Minggu malam (3/01).

Curah hujan 100 milimeter sudah tercatat di kawasan Batemans Bay, Moruya, Clyde Mountain dan Brown Mountain selama 24 jam terakhir.

"Hujan lebat juga mungkin terjadi di kawasan Newcastle dan Wollongong, termasuk Sydney dan semua arah barat menuju Blue Mountains, Katoomba, Jenolan Caves, bahkan ACT (Kawasan Ibu Kota Australia) dan Canberra bisa mengalami hujan deras hari ini [Senin, 4/01]."

Danchuk memperkirakan curah hujan di kawasan Hills di Sydney mencapai antara 50 dan 70 milimeter pada Senin malam.

Pengamat lain dari Badan Meteorlogi Australia, Sean Carson mengatakan sebaiknya para pengguna jalan menunda perjalanan ke sejumlah kawasan yang akan mengalami hujan, untuk alasan keamanan.

Sementara itu Phil Campbell, juru bicara dari Layanan Darurat Negara Bagian (SES) di New South Wales, mengaku telah menerima 50 panggilan yang meminta bantuan karena hujan lebat dalam waktu 12 - 24 jam terakhir.

Kebanyakan dari warga yang meminta tolong terkait dengan banjir bandang, atap bocor, atau pipa yang menyumbat.

Menurutnya kawasan Sydney barat dan Illawara mengalami hujan lebat.

"Diperkirakan selama beberapa hari kedepan masih akan ada hujan deras," kata Campbell.

Pihak SES juga telah memperingatkan turis, terutama mereka yang berkemah untuk tetap berwaspada, terutama yang berada di pesisir Selatan.

"Kami khawatir mereka yang berlibur mungkin sedang berkemah di sepanjang sungai," ujarnya.