ABC

Peringatan Badai Salju Untuk Wilayah Pegunungan Victoria

Angin kencang diperkirakan akan menyapu seluruh wilayah negara bagian Victoria, Australia, akhir pekan ini, memicu peringatan badai salju untuk daerah pegunungan alpine dan perkiraan salju setinggi 100 sentimeter.

Dua zona transisi (di mana massa udara dingin menggantikan massa udara hangat) diperkirakan akan melintasi negara bagian itu, pertama pada Jumat (4/8/2017) malam dan satu lagi -yang lebih kuat -pada Sabtu (5/8/2017) malam, kata Scott Williams, prakirawan senior di divisi cuaca ekstrem, Biro Meteorologi Australia (BoM).

Kedua zona tersebut akan membawa cuaca dingin dan berangin ke negara bagian tersebut.

"Selama akhir pekan, tapi terutama dengan zona transisi kedua ini, kami memperkirakan hujan salju setinggi satu meter dikombinasikan dengan angin kencang sekuat 90-110 km/jam di daerah pegunungan Alpine, dan jarak pandang yang sangat buruk," kata Williams.

"Itu pada dasarnya merupakan kondisi badai salju,” imbuhnya.

"Resort Alpine kini punya fondasi 75-80cm jadi ini akan menjadi tempat pembuangan yang sebenarnya. Ini akan menjadi hujan salju terbesar dan paling signifikan musim ini."

Prakiraan cuaca ini tak akan berangin sekencang di Melbourne akhir pekan lalu, tapi diperkirakan hembusan anginnya mencapai 70-90 km/jam dan diperkirakan akan tetap berangin hingga Senin (7/8/2017).

Hujan terderas akan berada di bagian timur laut Victoria, di kaki pegunungan dan di sekitar barat daya, termasuk wilayah Taman Nasional Grampians, namun wilayah ujung barat laut diperkirakan akan melewatkan hujan yang signifikan.

Peringatan waspada

Kondisi badai Salju -yang didefinisikan sebagai angin yang sangat dingin yang penuh dengan salju -diperkirakan berlangsung terburuk di sekitar resor ski Alpine, termasuk Mount Hotham, Falls Creek dan Mount Buller.

"Tapi Hotham hanya cenderung terkena angin paling kuat, termasuk jalur menuju puncak," kata Williams.

Meski Victoria tak dikenal akan kondisi seperti badai salju, kondisi ini tidak begitu langka.

"Musim dingin yang lalu kami mengalami beberapa jenis cuaca buruk seperti ini," kata Williams.

"Salah satu dari mereka memadamkan semua listrik di Australia Selatan tapi Victoria juga tidak melewatinya dengan mudah."

Petugas wakil layanan Darurat Negara Bagian Victoria, David Baker, mengatakan bahwa semua warga di daerah bencana harus mengetahui kondisi ini dan para pemain ski harus tetap berpegang pada arena yang telah ditandai.

"Saya pikir ini adalah peringatan bagi warga Victoria bahwa musim dingin masih berlangsung dan benar-benar masih bersama kita," sebutnya.

"Kami akan mengalami akhir pekan yang basah dan berangin dan jelas ada fokus di daerah Alpine dengan salju dan kondisi badai salju di atas sana.”

"Pastikan Anda bermain dengan aman di sana.”

"Ini akan menjadi bencana besar, mudah-mudahan sangat menyenangkan, tapi badai salju bisa menimbulkan bahaya tertentu dan kami tidak ingin ada orang yang hilang di pegunungan."

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterbitkan: 17:10 WIB 04/08/2017 oleh Nurina Savitri.