ABC

Peran Tony Abbott Masih Terus Disoroti Perwakilan Aborijin

Perdana Menteri Australia Scott Morrison akan bertemu dengan dewan penasihat masyarakat Pribumi untuk pertama kalinya pada hari Kamis (4/10/2018) mendatang. Penunjukan Tony Abbott sebagai utusan khusus urusan pribumi yang kontroversial masih akan menjadi agenda yang bakal disoroti dalam pertemuan itu.

Berdasarkan informasi yang diperoleh ABC, Tony Abbott berhalangan untuk menghadiri pertemuan pada Kamis lusa tersebut, tetapi mantan perdana menteri itu telah meminta waktu untuk bertemu dengan dewan penasehat pribumi secara resmi pada kesempatan terpisah dimana mereka akan menyampaikan keprihatinan mereka.

Ketua bersama dewan penasehat Perdana Menteri sekaligus ketua eksekutif Dewan Perempuan NPY Andrea Mason, mengatakan agenda untuk pertemuan minggu ini "telah berhasil dengan baik sebelum minggu ini" tetapi menambahkan bahwa "Tentu saja jika dia [Tony Abbott] ada waktu, kami akan memberi ruang pada agenda kami ".

"Dia telah mulai mengunjungi komunitas terpencil di wilayah utara Australia (NT). Dia mungkin ingin melakukan kunjungan itu terlebih dahulu sebelum berhubungan dengan dewan.

"Dia telah menghubungi kami untuk melakukan pembicaraan dengan dewan dan kami mengkonfirmasi waktu yang tepat untuk melangsungkan pertemuan itu.

"Kami sebutkan dalam surat kami kepada PM bahwa kami ingin mendiskusikan peran utusan khusus."

Dewan penasihat pribumi yang dipilih secara pribadi oleh Perdana Menteri itu menulis kepada Pm Scott Morrison, bahawa mereka menuntut pertemuan dan penjelasan tentang penunjukan Abbott sebagai utusan khusus untuk urusan Aborigin.

Andrea Mason mengatakan bahwa dia pertama kali mendengar tentang penunjukan itu melalui media dan dia masih belum menerima penjelasan langsung dari Pemerintah tentang penunjukan itu.

Scott Morrison juga mengatakan mungkin akan ada suatu hari nasional untuk merayakan masyarakat dan budaya Pribumi.

Perdana Menteri melontarkan gagasan itu di tengah perdebatan baru tentang perayaan nasional yang diadakan pada tanggal 26 Januari, tanggal ketika Armada Pertama tiba di Sydney Cove.

Diperkirakan usulan ini juga akan menjadi agenda yang akan dibahas dalam pertemuan Kamis mendatang.

Scott Morrison mengesampingkan mengubah tanggal pertemuan, tetapi menyarankan akan lebih baik jika "berbicara terlebih dahulu dengan orang-orang Australia" tentang konsep hari nasional baru untuk mengenali sejarah Pribumi Australia.

Seorang juru bicara untuk Perdana Menteri menolak berkomentar.

ABC juga telah meminta komentar dari Tony Abbott.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.