ABC

Peralatan Lama RS Adelaide Disumbangkan ke 24 Negara

Belasan container berisi peralatan kedokteran yang sebelumnya digunakan di Rumah Sakit Royal Adelaide sekarang sedang dikapalkan ke negara-negara berkembang sebagai sumbangan.

Peralatan itu mulai dari ranjang tempat tidur sampai dengan peralatan medis yang penting disumbangkan ke 24 negara termasuk Papua Nugini dan Timor Leste.

Shila Paia, salah seorang warga Papua Nugini yang lahir di Adelaide termasuk salah satu orang yang bekerja mencari sumbangan sehingga peralatan itu bisa dikapalkan dari Adelaide ke PNG.

A woman near a truck.
Shila Yukuli Paia

ABC News: Sarah Hancock

"Akses terhadap pelayanan tidak ada, layanan kesehatan dasar tidak ada, perempuan terlantar, mereka meninggal ketika melahirkan, dan anak-anak meninggal." kata Paia mengenai layanan kesehatan di PNG saat ini.

"Ini akan membuat perubahan besar. Hal kecil seperti jarum suntik saja akan membuat banyak perubahan."

"Kadang ibu membawa anak mereka ke klinik untuk imunisasi namun hal tersebut tidak bisa dilakukan karena tidak ada jarum suntik di sana."

Paia mengatakan banyak peralatan medis sederhana yang bisa membuat perbedaan besar.

PNG facility where women give birth.
Fasilitas untuk melahirkan di PNG.

Supplied: Soil Child

"Kebanyakan hal ini kita anggap sebagai hal yang sudah biasa tersedia di Australia, hal seperti sarung tangan misalnya." katanya lagi.

Diperkirakan peralatan tersebut akan sampai di PNG enam pekan mendatang, dan sebuah tim dokter dan perawat dari Adelaide akan membantu mengajar para tenaga setempat bagaimana memasang dan menggunakan berbagai peralatan canggih tersebut.

Salah seorang diantaranya adalah Yasmin Endlich yang sehari-hari bekerja sebagai dokter bius.

"Saya ingin berada di sana ketika container ini tiba. Saya ingin menunjukkan kepada mereka bagaimana memasang peralatan dan menggunakannya dengan baik." katantya.

Sekitar 30 LSM dan juga ratusan relawan telah bekerja untuk memindahkan ribuan peralatan yang pernah digunakan oleh rumah sakit tersebut yang terletak di pusat kota Adelaide.

Negara lain yang bakal menerima peralatan diantaranya adalah Kamboja, Ghana, Kurdistan, Mongolia, Sierra Leone, Timor Leste dan Uganda.

Rumah sakit Adelaide ini sudah ditutup bulan September lalu, dan sekarang rumah sakit yang baru sudah dibuka di lokasi yang tidak jauh dari yang lama.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini