ABC

Penyintas Kanker Bintangi Kampanye Pengobatan di Youtube

Dua orang petani dari Penola, Australia Selatan membintangi sebuah serial baru di YouTube yang ditargetkan kepada penduduk pedesaan Australia yang terkena kanker.

Video-video di kanal Youtube tersebut merupakan bagian dari sebuah proyek oleh University of South Australia, yang dilakukan oleh rekan peneliti Kate Fennell, dimana bidang studi yang ditekuninya mencakup psiko-onkologi, kesehatan pedesaan dan kesehatan mental pedesaan.

Dr Fennell mengatakan bahwa tujuan dari proyek ini adalah untuk mendukung penduduk pedesaan Australia yang hidup dengan kanker, dan mendorong mereka untuk mengupayakan kesehatan psikologis mereka.

"Bagian dari penelitian ini adalah untuk menjawab kebutuhan kesehatan mental tersebut, dan bagian lainnya adalah melihat bagaimana kita dapat menggunakan sains psikologis dan perilaku sehingga orang bertindak dengan cara yang lebih sehat," katanya.

Dan kisah-kisah seperti yang dialami petani dan penyintas kanker, Graham Hinze-lah yang membantu Dr Fennell menjangkau khalayak luas.

Teman perjuangan melawan kanker

Graham Hinze mengatakan bahwa dia benar-benar putus asa saat didiagnosis menderita kanker.

"Itulah perasaan yang saya rasakan sejak awal."
Graham Hinze mengatakan saat dia mendengar kabar itu, dia menghubungi rekannya Doug Redman.

"Saya mendapatkan dukungan besar dari Doug karena dia adalah teman baik saya selama 40 tahun yang luar biasa.

"Pada saat dia memiliki urusan di Penola dan saya membeli barang melalui Doug, dan saya mendatanginya pada suatu hari yang khusus itu untuk berbicara dengan Doug dan menceritakan kisahnya dan saya tahu itu cukup mengejutkannya.

"Tidak lama kemudian dia menawari saya pekerjaan paruh waktu di sana.

Skip YouTube Video

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

"Itu adalah anugerah untuk saya karena membuat saya pergi ke peternakan secara paruh waktu, dan membantu saya bisa membicarakannya daripada duduk-duduk saja di rumah di meja dapur sambil memikirkan masa depannya.”

Sebagaimana takdir mempertemukannya, Redman juga kemudian mendapat diagnosis yang sama tidak lama kemudian.

"Diagnosis itu mengubah hidup Anda, tidak diragukan lagi, tapi saya cukup senang bagaimana saya menghadapinya,” kata Redman.

"Kami [Graham dan saya] bertukar beberapa catatan, dan sekitar waktu itu sebuah  kelompok pendukung penderita kanker prostat terbentuk di wilayah Mount Gambier

Kami memutuskan untuk pergi bersama dan mendatangi kelompok itu ... Saya menyarankan semua orang harus menjadi bagian dari kelompok pendukung.

"Kelompok pendukung bukanlah kerja keras dan kami tidak akan menolak anda jika Anda tidak didiagnosis menderita kanker prostat.

"Mungkin ayah Anda menderita kanker prostat atau saudara laki-laki Anda, yang menurut Anda berisiko lebih tinggi daripada banyak orang lain."

Menemukan dukungan adalah kunci kesembuhan

Salah satu pesan Dr Kate Fennell adalah bahwa para petani perlu mencari dukungan dan mengembangkan keadaan mental yang sehat untuk bisa menghadirkan pemulihan secara fisik.

Doug Redman setuju bahwa sikap adalah setengah dari pertempuran melawan kanker.

"Beberapa orang menganggap tantangan itu lebih besar dari yang lain," katanya.

"Beberapa dari mereka, seperti dikatakan Graham, bersikap 'Berapa lama lagi saya akan mampu bertahan?' dan sangat disayangkan mereka tidak tahu seperti apa keadaan yang kami berdua harus lewati, dan bagaimana kami ketika itu.”

"Sikap mental adalah setengah pengobatan. Jika Anda bisa mendapatkan dukungan, ini jauh lebih mudah untuk diatasi."

Untuk sementara ini, Graham Hinze dan Doug Redman sangat senang bisa menyampaikan cerita mereka kepada khalayak di luar sana dengan harapan hal itu bisa membantu orang lain.

"Semua tergantung kepada kita untuk dapat mendidik orang-orang di sekitar kita. Tidak semua orang akan tertarik," kata Doug Redman.

"Bagi saya, video-video ini untuk tujuan pendidikan Saya telah membagikan brosur-brosur yang dicetak oleh universitas ini, saya telah berbicara dengan koran, pernah diwawancarai di TV dan ... apa lagi Graham? ... oh internet ya sepertinya."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.