ABC

Penutupan Pantai karena Serangan Hiu

Seorang peselancar berhasil lolos dari luka-luka serius dan melenggang selamat hanya dengan kerusakan pada papan selancarnya saja setelah berhadapan dengan hiu putih di barat daya Australia Barat.

Peselancar perempuan yang diyakini berusia diawal 20-an tahun ini  terjatuh dari papan selancarnya karena seekor hiu sepanjang 3,5 meter di pantai North Point dekat Gracetown, barat laut Margaret River, tepat sebelum pukul 18:00 pada hari Senin (25/9/2017) waktu setempat.

Potongan-potongan papan selancar miliknya terlepas dalam insiden tabrakan dengan binatang itu.

Petugas lepas pantai, Tom Van Beem mengatakan bahwa dia dan wanita itu tengah sendirian berada di ombak saat hiu itu menghantamnya hingga terjatuh ke air.

"Saya merasakan ada gerakan air di bawah saya," kata Van Beem.

"Lalu saya melihat tubuh hiu diikuti dengan sirip dada dan ekornya."

Van Beem mengatakan dia dan peselancar itu – seorang wanita asal Belgia – tampak shock saat keduanya memeriksa kerusakan pada papan selancarnya.

"Saya merasa lemas karena berpikir ikan hiu itu akan memangsa saya, tapi saya cukup  beruntung kami berhasil menyelamatkan diri ke bebatuan.”

"Kami berdua merasa sangat terguncang, kami beruntung berada di sini."

North Point hingga ke Lefthanders ditutup

Sebuah peringatan bahaya akan serangan hiu telah dikeluarkan di pantai North Point pasca serangan mendebarkan itu terjadi.

Pantai North Point, di Cowaramup bay di Tenggara Australia Barat
Perempuan yang sedang berselancar di Pantai North Point ketika dia dihantam hingga jatuh dari papan selancar oleh ikan hiu.

ABC News: Anthony Pancia

"Untuk mengurangi ancaman terhadap warga, area selancar dari North Point hingga ke Lefthanders kini telah ditutup," kata Departemen Industri Primer dan Pembangunan Daerah dalam sebuah pernyataan.

Tempat berselancar di Gracetown akan tetap ditutup sampai setidaknya Kamis (27/9/2017) pagi sebagai tindakan pencegahan.

"Petugas  perikanan akan memantau situasi dan petugas Taman dan Satwa Liar akan memantau penutupan pantai selama beberapa hari ke depan," kata departemen tersebut.

"Helikopter milik layanan pengawas keselamatan peselancar di Australia Barat juga akan melakukan penyisiran di kawasan tersebut sebagai bagian dari aktivitas patroli selama liburan sekolah dari jam 07:00 sampai jam 5.00 sore setiap hari."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.