ABC

Pentingnya Setiap Keluarga Memiliiki Dana Darurat

Apa yang terjadi dalam kehidupan kita sering kali tidak bisa diduga, oleh karenanya penting sekali setiap keluarga memiliki dana darurat yang bisa digunakan sewaktu-waktu bila timbul suasana ekonomi buruk.

Seperti yang dialami Mandy McCracken lima tahun lalu

Malam itu, Mandy McCracken pergi tidur dengan apa yang dia duga sebagai kasus flu yang buruk.

Dalam hitungan jam, dia sudah tergeletak di rumah sakit, jatuh koma dan didiagnosis dengan infeksi bakteri besar.

Organnya mulai tidak berfungsi dan anggota tubuhnya harus diamputasi untuk menyelamatkan hidupnya.

"Saya berusia 39 tahun ketika hal ini terjadi pada saya. Saya pulang 10 bulan kemudian tanpa lengan dan tanpa kaki," katanya.

Kehidupan berubah dengan cepat untuk Rod suaminya dan tiga orang anak mereka yang tinggal di daerah Victoria.

Bagi Mandy, belajar berjalan lagi, dengan anggota badan prostetik baru, adalah bagian yang mudah.

"Bagian yang sulit adalah menerima perubahan dalam hidup Anda," katanya.

"Rod pergi bekerja hari itu saya sakit, dan tidak pernah kembali bekerja sejak itu."

Bagaimana jaring keuangan berfungsi

Dengan penghasilan terbatas, terkadang keluarga McCracken kesulitan secara finansial.

Untungnya, mereka memiliki penyangga keuangan dan sedikit asuransi, yang membayar cukup untuk menutupi hipotek dan biaya sekolah mereka.

Menghitung uang
Memiliki rekening bank terpisah hanya untuk dana darurat Anda dapat membantu.

Rawpixel: CCO

"Kami memiliki penasihat keuangan yang hebat yang mengatur asuransi jiwa, melakukan seluruh asuransi cacat tetap dan permanen juga," katanya.

Pasangan itu gagal mengajarkan Rod  untuk terjun mengatur keuangan rumah tangga yang biasanya dilakukan oleh Mandy.

"Saya memiliki semua PIN untuk semua rekening bank dan segala sesuatunya di kepala saya dan saya yang tergeletak koma di rumah sakit di ICU," kata Mandy.

"Rod mendapat tagihan karena tidak tahu cara membayarnya karena saya yang biasanya melakukan itu."

Dia juga tidak memiliki kekuatan pengacara atau otoritas medis yang kuat.

"Saya hanya memotret [Mandy] di telepon saya, pergi ke bank dan berkata 'Hai ini adalah istri saya dan tagihannya akan jatuh tempo dalam dua hari'."

Memiliki rekening bank yang terpisah

Perencana keuangan Kate McCallum mengatakan orang-orang sering terbutakan oleh hal-hal yang belum ada dalam radar mereka.

"Anda harus memastikan Anda melakukan sebanyak yang Anda bisa untuk merencanakan dan kemudian berada dalam posisi di mana Anda harus hadapi kesulitan-kesulitan itu ketika itu terjadi," katanya.

Dia mengatakan setiap orang harus memiliki tabungan yang disisihkan untuk keadaan darurat, sebaiknya rekening bank terpisah yang tidak mereka sentuh.

emergencyfund3_abc_1803027.jpg
Pinneaple Porject - podcast yang mengupas cara menekan utang dan berinvestasi lebih banyak.

ABC

"Sebagai aturan praktis saya akan menyarankan orang-orang memiliki tabungan senilai enam bulan pengeluaran mereka," katanya.

"Penghasilan adalah variabel kecil, tetapi jika Anda memahami apa saja pengeluaran anda maka Anda dapat memiliki penyangga sebagai tempat untuk bangkit kembali."

Jika Anda tidak memiliki tabungan dalam bentuk uang tunai, ia menyarankan untuk membangun dana ini secara perlahan-lahan, mungkin menyisihkan sedikit uang setiap minggunya.

"Hal pertama yang saya sarankan adalah mengatur pembayaran otomatis dan menabung lebih dahulu sebelum menyelesaikan tagihan anda," katanya.

"Dana darurat tidak berbeda dengan membayar sewa atau hipotek, itu tidak bisa dinegosiasikan."

Pelajari asuransi

Perusahaan riset aktuaria,  Rice Warner menemukan warga Australia kurang tercakup dana asuransi hingga $ 12,8 triliun per tahun, ketika menyangkut asuransi jiwa, cacat total dan permanen, dan asuransi perlindungan pendapatan.

Meskipun kebanyakan orang memiliki asuransi melalui akun pensiun mereka, itu mungkin tidak cukup.

Meskipun industri asuransi telah dirundung banyak skandal dalam beberapa tahun terakhir, McCallum mengatakan jika berkaitan dengan keadaan darurat, asuransi adalah suatu keharusan.

Cek kesehatan
Periksa asuransi apa yang Anda miliki saat ini dan berapa premi yang Anda bayarkan untuk hidup, perlindungan pendapatan, dan asuransi cacat permanen.

Unsplash: Rawpixel

"Adalah penting untuk mengetahui hal-hal apa saya yang dicakup dalam asuransi anda, berapa banyak Anda akan dibayar dan berapa banyak yang saat ini Anda bayarkan dalam premi asuransi," katanya.

"Tanyakan pada diri sendiri, apa yang dikecualikan dari ketentuan ini, keadaan seperti apa saja dimana saya tidak akan bisa mendapatkan manfaat dari kebijakan asuransi ini?

"Juga, apa hal-hal yang perlu saya pikirkan sehingga aku memiliki cukup dana untuk melindungi saya dalam sebuah kejadian di mana saya tidak akan menerima upah dalam jangka waktu itu."

Mandy mengatakan semua orang harus berpikir tentang memiliki jaring pengaman.

"Anda mungkin tidak pernah membutuhkannya dan Anda mungkin bisa menghabiskannya dalam perjalanan ke Paris suatu hari nanti," katanya.

"Kamu lebih besar dari dirimu sendiri saat kamu dewasa dan bertanggung jawab, jadi berhentilah, pikirkan dan rencanakan diri anda sendiri.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris disini.