ABC

Penjelasaan Soal Telur dan Kelinci di Hari Paskah

Hari Paskah dirayakan oleh Umat Kristen di seluruh dunia. Tetapi sejumlah pihak percaya jika tradisi ini pun sudah dilakukan oleh kaum pagan. Lantas mengapa sering ada telur cokelat, kelinci, dan roti saat merayakan Paskah?

Acara ABC Behind The News menemukan cokelat, kelinci, dan roti hot cross bun memiliki arti masing-masing, yang mungkin tidak berkaitan langsung dengan ajaran Kristen.

Peringatan dimulai pada hari Jumat, disebut sebagai Jumat Agung, atau Good Friday. Ini adalah hari saat Yesus Kristus meninggal setelah disalib. Kemudian di hari Minggu menjadi Hari Paskah Minggu, dimana diyakini Yesus bangkit dari kematian-Nya.

Umat Kristen biasanya berkumpul bersama keluarga untuk pergi ke gereja bersama-sama di akhir pekan Paskah ini.

Beberapa diantaranya bahkan berpuasa atau melakukan pantangan dari apa yang paling mereka sukai selama 40 hari menjelang Paskah. Ritual ini disebut sebagai Lent, yang artinya berkorban dan mendisiplinkan.

Lantas apa kaitannya dengan kelinci, telur, dan roti hot cross bun?

Skip YouTube Video

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

YOUTUBE: Sejarah Perayaan Paskah

Sejumlah orang percaya jika perayaan Paskah, yang dalam bahasa Inggrisnya adalah Easter, dimulai oleh tradisi kaum pagan. Mereka memperingati Eostre, dewi musim semi dan fertilitas.

Dewi ini memiliki seekor hare, sejenis kelinci. Hewan ini juga menjadi simbol Easter karena dikenal mampu berkembang biak dengan cepat dan banyak. Seiring dengan waktu hewan hare diganti dengan kelinci, sehingga tak heran jika di banyak negara, mainan dan cokelat kelinci banyak ditemukan menjelang Paskah.

Tak hanya kelinci, ada pula telur yang dianggap sebagai kelahiran baru atau keberlanjutan hidup. Arti ini dianggap mewakili pesan Kristiani soal kebangkitan Yesus Kristus.

Sementara hot cross bun adalah roti yang memiliki tanda silang diatasnya. Tanda ini mewakili salib, dimana Yesus dianggap telah mengobarkan hidupnya dengan disalib.

Sekarang, Anda telah mengetahui mengapa cokelat berbentuk kelinci dan telur banyak ditemukan untuk merayakan Paskah. Tonton sejarah perayaan paskah melalui video berikut ini.