ABC

Pengusutan Dugaan Staf Tutupi Pelanggaran Aturan Ekspor Hewan Ternak Hidup

Mantan kepala Komisi Kejahatan Australia akan menyelidiki dugaan bahwa staf di Departemen Pertanian federal diperintahkan untuk tutup mulut atas keprihatinan mereka tentang perdagangan ekspor hewan hidup.

Menteri Pertanian Federal David Littleproud telah meminta mantan kepala Komisi Kejahatan Australia, John Lawler, untuk menyelidiki tujuh tuduhan yang dikemukan oleh staf yang sebelumnya bekerja di cabang kesejahteraan hewan.

Sebuah peninjauan independen yang baru dirilis mengenai perdagangan ekspor hewan ternak hidup Australia oleh Departemen perdagangan menemukan bahwa staf tidak melaporkan kekhawatiran mereka akibat adanya budaya ketakutan di dalam departemen pertanian.

Menteri David  Littleproud mengatakan tuduhan itu berkaitan dengan petugas senior yang memperingatkan staf untuk tidak mengambil tindakan.

"Ada tujuh (staf) yang telah membuat tuduhan bahwa mereka ingin membawa bukti kesalahan oleh perusahaan ekspor tetapi disarankan oleh perwira senior mereka untuk tidak membesarkan temuan itu karena mungkin akan ada dampak. Itu bukan budaya yang akan saya terima, " katanya.

Ia mengatakan tidak akan ada yang akan "terlewatkan kesalahannya " dalam penyelidikan yang akan dilakukan oleh Jhon Lawler.

"Saya tidak peduli bagian mana dari departemen mereka atau di mana mereka sekarang," katanya.

"Kenyataannya adalah semua orang harus bertanggung jawab jika kita akan mengatur ulang industri ini - saya bertekad untuk melakukan itu."

Menteri David Littleproud mengumumkan peninjauan terhadap industri ekspor hewan ternak Australia yang dilakukan oleh Moss awal tahun ini, menyusul pengungkapan ada lebih dari 2.000 domba yang mati karena kepanasan dalam kapal pengangkut hewan ternak Awassi Express.

Peninjauan ini menemukan adanya kegagalan yang signifikan dalam pengaturan industri ini, yang ketika insiden ini terjadi masih dibawah kepemimpinan mantan menteri pertanian Barnaby Joyce.

Peninjauan juga menemukan bahwa penghapusan Cabang Kesejahteraan Hewan dari Departemen Pertanian pada tahun 2013 bertanggung jawab atas banyak kegagalan peraturan.

Tapi Menteri David Littleproud mengatakan pendahulunya tidak harus disalahkan.

"Barnaby Joyce diberi informasi yang diberikan oleh departemen tentang tindakan terbaik apa yang harus dilakukan," katanya.

"Satu-satunya kesalahannya adalah dia mempercayai industri dan industri tidak meningkatkan kinerjanya.

"Budaya industri yang bagus adalah budaya yang melakukan hal yang benar, bahkan ketika tidak ada orang yang melihat."

Jhon Lawler tidak memiliki kewenangan khusus sebagai mantan bos Komisi Kejahatan, dan penyelidikan yang diumumkan oleh Pemerintah saat ini bersifat internal.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.