ABC

Pengusaha Australia Berbagi Pengalaman Melakukan Bisnis di China

Menteri Perdagangan Australia Steve Ciobo saat ini sedang membawa delegasi dagang terbesar untuk mengunjungi China. Berikut pengalaman empat pengusaha Australia mengenai tantangan dan kesempatan yang ada ketika melakukan bisnis di China.

Apa yang membuat anda memutuskan melakukan bisnis di China?

Alex Scandurra
Alex Scandurra

Alex Scandurra

Alex Scandurra

"China adalah salah satu pasar keuangan terbesar dan paling penting di dunia. Stone and Chalk sedang berusaha  mengembangkan ekosistem di bidang "fintech" Australia.

Contohnya di bidang keuangan online alternatif - menurut penelitian dari KPMG, pasar sudah melihat adanya investasi senilai $ US 100 miliar di tahun 2015, sementara pasar di Australia hanya $US348 million in Australia.

China memiliki beberapa perusahaan fintech besar dan berpengaruh dan akan menjadi pasar paling menarik di masa depan. "

- Alex Scandurra, direktur eksekutif Stone & Chalk

 

David Keir
David Keir

"Saya sudah melakukan bisnis di China sejak awal tahun 1990-an dan saya melihat banyaknya kesempatan di bidang ekonomi dan meningkatnya ekonomi komersial modern.

Kelas menengah semakin tumbuh dan mereka memerlukan berbagai fasilitas, jasa dan pengalaman yang sudah pernah kita alami sebelumnya di Australia khususnya di bidang jasa. 

Salah satu bidang yang tumbuh pesat adalah perjalanan. Tahun lalu di China ada 120 juta perjalanan ke luar negeri, kunjungan ke dalam negeri lebih sedikit namun juga terus berkembang.

                                       Kami memperkirakan ada peluang besar di jasa biro perjalanan yang memfokuskan diri pada layanan dunia dan dijalankan secara digital.

- David Keir, CEO dan  pendiri Freedom Road Travel dan wakil presiden komisaris Dash Brands

 

Bryan Carr
Bryan Carr

"Sejak Olimpiade Beijing 2008 China mengalami kemajuan pesat dan kami juga mengalami hal yang sama.

Kami menyediakan app selama Olimpiade yang menyediakan jasa seperti memberikan pengguna memesan mobil, mirip seperti yang dilakukan oleh Uber sekarang.

Di awal hubungan kami dengan China Mobile kami mengusulkan toko app pertama bagi China Mobile karena kami memiliki kemampuan untuk memungkinkan app didistribusikan dan diupdate lewat udara. Sesuatu yang sekarang sudah menjadi hal yang biasa.

                                        Kami akhirnya bisa mengembangkan sistem dimana pelanggan bisa mengakses akun mereka, sehingga pembeli bisa melakukan pembelian dan membayar lewat telepon. Inilah bsinis utama dari SmartTrans di China sekarang."

- Bryan Carr, direktur eksekutif dan CEO SmartTrans

 

Michael Wadley
Michael Wadley

"Ketertarikan akan budaya dan sejarah China membuat saya belajar dan sejarah dan  bahasa di universitas dan juga melakukan perjalanan. 

Menikah dengan seorang warga China, dan karena saya ingin ketiga anak saya dibesarkan dalam budaya ini juga menjadi faktor lainnya, sehingga mereka lancar berbahasa China dan memiliki hubungan yang dalam dengan budaya China karena

'Eksperimen' ini berjalan sukses dan sekarang kami 'mengekspor kembali ' mereka ke Australia sebagai mahasiswa."

- Michael Wadley, pendiri Wadley Business Consulting dan direktur non-eksekutif Bellamy

 

Apa tantangan paling utama dalam melakukan bisnis di China?

Alex Scandurra
Alex Scandurra

"Yang paling utama adalah begitu besarnya pasar bagi warga Australia yang mau melakukan bisnis di China.  Saat ini ada 2600 perusahaan yang menyediakan layanan  yang sama.

Melakukan penyesuaian dengan kecepatan perkembangan pasar adalah tantangan lainnnya. Satu hal yang anda lihat di China adalah banyak orang dan perusahaan bergerak cepat dan mereka tidak takut mengambil resiko.

Ini adalah salah satu hal yang bisa dipelajari oleh pengusaha Australia."

 

David Keir
David Keir

David Keir

David Keir

"Di China pasarnya besar sekali. Ada pepatah lama yang mengatakan 'bila anda menjual satu bola lampu ke setiap orang di China, anda akan menjadi milyuner karena penduduk China jumlahnya lebih dari satu miliar."

Persaingan global juga menyebabkan perusahaan mengirimkan staf terbaik mereka ke China, sehingga diantara perusahaan asing pun persaingannya tinggi.

Untuk melakukan terobosan di pasar yang hiruk pikuk ini, kita harus mampu melakukan eksekusi di tingkat tertinggi.

 

 

Bryan Carr
Bryan Carr

Bryan Carr

"China adalah salah satu pasar paling kompetitif di dunia, dan perubahan terjadi cepat sekali.

Ada perusahaan besar yang memiliki dana besar dan memiliki rencana jangka panjang, yang akan melakukan investasi besar untuk menciptakan pasar untuk mereka. Kita akan sulit bersaing dengan mereka

Investasi waktu dan sumber daya, yang artinya uang diperlukan untuk membangun bisnis yang berhasil dan kita tidak mengetahui kapan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan tersebut.

Ada banyak orang pintar yang memiliki ide bagus yang mau bekerja keras untuk bisa berhasil."

                                   Namun kadang masih banyak yang tidak jelas berkenaan dengan peraturan mengenai bagaimana membuat sebuah perusahaan. Jadi masih banyak yang harus dipelajari selain melakukannya langsung.

 

Michael Wadley
Michael Wadley

Michael Wadley

Michael Wadley

" Memadukan antara kurangnya pengetahuan mengenai budaya dan cara melakukan bisnis di China baik di kantor maupun di luar merupakan tantangan.

Ini adalah proses pendidikan yang tidak pernah berhenti bagi pendatang baru dan menambah dimensi baru terhadap urusan lain yang juga sudah ada.

Sebaliknya membantu warga China agar mereka paham bagaimana orang asing melakukan bisnis juga sama rumitnya. "

 

Peluang jangka pendek apa yang anda lihat di China sekarang ini?

Alex Scandurra
Alex Scandurra

Alex Scandurra

Alex Scandurra

 

"Saya percaya ada peluang besar yang akan dicapai dengan membantu perusahaan baru untuk masuk ke dalam pasar China.

 

 

 

David Keir
David Keir

David Keir

David Keir

"Peningkatan kesejahteraan warga China, peningkatan taraf pendidikan dan permintaan akan layanan jasa - semua adalah peluang.

Pertumbuhan ekonomi mungkin tidak tinggi saat ini, namun itu semua merupakan siklus. Saya kira dari China akan muncul cerita-cerita sukses dalam beberapa puluh tahun ke depan dan ada kesempatan besar bagi mereka yang mau mengambil resiko.

 

Bryan Carr
Bryan Carr

"Smartphone dam pasar pembayaran dengan mobile meningkat dengan cepat di dunia, namun di China lebih cepat lagi.

Warga China sudah melakukan pembelian menggunakan mobile, dan menjadi contoh di dunia.

Kami juga berada dalam posisi ideal untuk menjadi jembatan bagi perusahaan asing yang ingin menjual produk mereka ke China, dan perusahaan China yang ingin menjual produk mereka ke luar.

 

Michael Wadley
Michael Wadley

Michael Wadley

Michael Wadley

"Australia berada dalam posisi bagus untuk memasok barang dalam jumlah besar dan juga membawa bisnis atau layanan ke pasar China sebagai mitra bisnis.

Dalam tiga tahun ke depan adalah masa kritis sebelum negara dengan ekonomi besar seperti Amerika Serikat masuk ke dalam 'pasar China kami".

Skala dan kecepatan peningkatan jumlah penduduk China dan interaksi mereka dengan dunia membuat situasinya lebih mudah dan lebih jelas bagi siapa saja."

 

Apa pentingnya 'guanxi', atau hubungan baik dalam bisnis?

Alex Scandurra
Alex Scandurra

Alex Scandurra

Alex Scandurra

 

 


"Para pendatang baru harus menyadari bahwa China tidak akan memberikan kesempatan untuk menjadi sukses dalam sekejap."

 

David Keir
David Keir

David Keir

David Keir

 

"Kita harus menunjukkan rasa hormat dan kemampuan bekerja dengan siapa saja, namun saya kira di China hubungan baik akan membuka pintu dan membuat proses lebih mulus bagi anda."

 

 

Bryan Carr
Bryan Carr

Bryan Carr

"Guanxi penting namun bukan sekedar bahwa kita akan diperkenalkan ke orang paling senior dalam perusahaan. Itu membantu namun ini hanya bagian kecil dari keharusan untuk membangun hubungan komersial yang berhasil.

Hubungan harus dibina dan dikembangkan dalam berbagai lapisan dalam sebuah organisasi untuk mencapai keberhasilan.

Guanxi juga memerlukan waktu untuk berkembang dan tidak bisa dicapai dalam waktu segera. Kepercayaan dan dukungan dari mitra anda perlu waktu dan harus didukung oleh kemampuan nyata.

Cara terbaik untuk membangun hubungan yang kuat dan bagus adalah dimana semua pihak bisa menciptakan keuntungan. Ini adalah Guanxi terbaik."

 

Michael Wadley
Michael Wadley

Michael Wadley

Michael Wadley

"In China they have a formal title for it, and of course in China where networks have far greater importance for risk management and career path reasons then it's even more important.

But while it is important and not to be forgotten, it is greatly over-rated and often misunderstood. Most of it is about "who you know, not what you know" and that applies in every culture."

 

 

Pekan Australia di China (Australia Week in China ) sedang dilangsungkan di beberapa kota termasuk di Hong Kong, Beijing, Guangzhou dan Shanghai antara 11-15 April 2016.