ABC

Pengunjung Pantai Ini Temukan Gigi Hiu Kuno Berusia Jutaan Tahun

Seorang pengunjung Pantai North Topsail di negara bagian North Carolina, Amerika Serikat (AS), menemukan fosil gigi hiu langka, yang diduga berusia jutaan tahun.

Danny Bland, sang penemu fosil gigi hiu di pantai timur AS, mengatakan, “Saya merasa seperti pemenang lotre...ya Tuhan, saya adalah yang pertama menyentuhnya sejak gigi itu keluar dari mulut hiu jutaan tahun lalu.”

Cynthia Crane, Direktur Museum Fosil Aurora di North Carolina, mengatakan, gigi hiu itu berasal dari spesies Megaladon.

“Megaladon sebesar ini,  hiu raksasa yang menjelajahi jalur laut kuno selama masa Miocene-Pliocene- terutama pertengahan Miocene ke Pliocene –yang terjadi sekitar 15 juta hingga 5 juta tahun yang lalu,” jelasnya.

Gigi megaladon, yang berukuran 15 cm, ini ditemukan di sebuah pantai di North Carolina, AS. (Foto: Surf City Gazette, Holly Ridge)
Gigi megaladon, yang berukuran 15 cm, ini ditemukan di sebuah pantai di North Carolina, AS. (Foto: Surf City Gazette, Holly Ridge)

Ia mengungkapkan, “Senang bisa menemukannya. Senang melihat ada orang yang menemukan fosil karena itu membantu jejak masa lalu dan catatan palaentologi North Carolina.”

Holly Ridge dari media online ‘Surf City’, yang mengunggah foto gigi hiu itu secara online, mengatakan, hal yang tak ganjil untuk menemukan fosil seperti itu di pantai.

“Kami biasanya menemukan 1-2 fosil per tahun di sepanjang pantai, di tenggara North Carolina. Gigi itu panjangnya di bawah 6 inci, yang merupakan ukuran penuh dari gigi hiu spesies ini,” terangnya.

“Gigi terbesar yang pernah ditemukan berukuran lebih dari 7 inchi,” tambahnya.

Penemuan ini telah mengekspos komunitas pantai ke sejumlah media secara internasional, dan membuat Danny- sang penemu –tersenyum lebar.

“Saya tak bisa mendapatkan jutaan dolar dan sebahagia ini...bahkan gigi hiu yang kecil bisa membuat anda sangat bersemangat,” aku Danny.