ABC

Pengunjung Festival Moon Lantern OzAsia Menurun

Pengunjung Festival Moon Lantern di Adelaide Australia Selatan tahun ini menurun hingga sekitar 30 ribu orang dibandingkan tahun lalu. Namun pihak penyelenggara menyatakan hal itu memang sudah diperkirakan.

Tahun lalu lebih dari 50 ribu pengunjung memadatani kegiatan yang berlangsung di Elder Park, yang menjadi bagian dari OzAsia. Saat itu penyelenggara mengaku kaget dengan padatnya pengunjung.

Direktur Artistik OzAsia Joseph Mitchell mengatakan sejumlah faktor turut berpengaruh pada besarnya jumlah pengunjung tahun 2015 tersebut.

"Lonjakan tahun lalu sebagian karena diadakan pada akhir pekan pertama musim liburan sekolah (serta) cuaca yang mencapai 20-an," katanya.

"Itu juga merupakan festival pertama setelah dua tahun tertunda, serta pasar malam noodle market dan grand final pertandingan bola lokal yang bersamaan," katanya.

Mitchell mengatakan pihaknya "sangat senang" dengan jumlah pengunjung sekitar 21 ribu pada cuaca malam yang dingin. Jumlah ini merupakan yang kedua tertinggi sejak diadakannya festival Moon Lantern sebanyak 8 kali.

"Untuk tahun ini, kami mencapai jumlah yang tepat dan atmosfirnya sangat bagus dengan jumlah 21 ribu orang di Elder Park," kata Mitchell.

"Ini terus berkembang dari yang pertama di tahun 2017 dengan sekitar 10 ribu pengunjung dan terus bertambah setiap tahun hingga tahun lalu dengan lonjakan luar biasa sebanyak 50 ribu," jelasnya.

Kawasan Elder Park kini akan bersiap untuk kegiatan pasar Good Fortune Market pada hari Rabu.

"Kami memiliki lebih dari 49 mata acara, kami memiliki lebih dari 115 penampilan," kata Mitchell.

"Kami memiliki lebih dari 360 artis profesional yang datang dari seluruh Asia untuk mendapatkan pengalaman terbaik di Adelaide sembari menampilkan seni dan budaya terbaik dari banyak negara di kawasan itu buat kita," jelasnya.

Festival OzAsia aklan berlangsung hingga 2 Oktober 2016.

moon dua.jpg
Festival Moon Lantern pada OzAsia dengan latar belakang stadion Adelaide Oval. (Twitter: @OzAsia Festival)

Diterbitkan Pukul 15:00 AEST 19 September 2016 oleh Farid M. Ibrahim dari artikel berbahasa Inggris di sini.