ABC

Pengalaman Simone Kehilangan Berat 30 Kg Karena Anoreksia

Sebagai lanjutan dari Minggu Kesehatan Mental dari ABC, program #TalkAboutIt bersama Del Irani  berbicara dengan Simone Brick, seorang wanita yang sempat kehilangan berat badan 30 kg karena menderita Anorexia, penyakit mental karena takut akan makakan.

Persepsi publik mengenai eating disorders (mereka yang mengalami masalah dengan makanan), sering dilihat sebagai 'orang yang melakukan diet berlebihan.'

Namun ini sebenarnya adalah gangguan mental serius dan semakin banyak terjadi di seluruh dunia dalam 30 tahun terakhir.

Diperkirakan sekitar 15 persen wanita Australia  pernah mengalami masalah 'gangguan makanan" ini seperti Anorexia Nervosa, Bullimia Nervosa dan makan berlebihan sementara pria mengalaminya juga, dengan 25 persen warga dunia pernah mengalami masalah dengan gangguan makanan tersebut. Eating disorders ini diperkirakan memakan korban lebih banyak dibandingkan gangguan mental lainnya.

Anorexia Nervosa adalah mereka yang takut dengan makanan, karena beranggapan makanan itu akan  membuat mereka gemuk, sementara Bullimia Nervosa adalah mereka yang mengkonsumsi makanan namun kemudian dikeluarkan lagi dengan paksa.

Simone ketika berlibur di pantai saat dalam tahap pennyembuhan. Dia tidak berani berenang karena takut terlalu dingin dan tubuhnya tidak bisa mengatasi kedinginan.

Simone Brick, 20 tahun asal Melbourne didiagnosis menderita anorexia dua tahun lalu. Dia pada awalnya disarankan melakukan diet guna mengurangi berat badan sehubungan asma yang dideritanya. Namun, kemudian diet itu menjadi terlalu ekstrim.

"Saya tahu bahwa sebenarnya makan satu suap tidak akan berpengaruh banyak. Namun ini adalah masalah ketahanan dan rasa takut, bahwa bila saya makan satu suap, saya makan suap berikutnya, dan berikutnya." kata Brick kepada Del Irani dalam program #TalkAboutIt's  sebagai bagian dari liputan spesial ABC sebagai gangguan mental berjudul Mental As...

"Kita kemudian obsesi dengan makanan. Itulah yang selalu ada dalam pikiran. Jadi bukan masalah makanannya tapi keinginan untuk mengontrol masuknya makanan ke dalam tubuh." tambah Simone.

Secara keseluruhan berat badan Simone turun 30 kg. Setelah teman-temannya ikut prihatin dan campur tangan, dia kemudian mendapat perawatan intensif dengan The Butterfly Foundation  dan sekarang dalam tahap penyembuhan.

"Saya senang  bisa berbagi cerita saya, karena bila saya bisa membantu orang lain yang berada dalam situasi yang sama, saya akan akan melakukannya." kata Simone.

Simone ketika dirawat di rumah sakit setelah kehilangan berat hampir 30 kg

Dalam wawancara dengan Del Irani, Simone juga berbicara mengenai perjuangannya mengatasi depresi dan kecemasan, hal yang dideritanya sebelum dia didiagnosis menderita anorexia.

Anda bisa mengikuiti episode pertama #TalkAboutIt di layanan Australia Plus TV's video on demand dalam bahasa Inggris.

Mental As… adalah bagian dari kampanye yang dilakukan ABC sebagai bagian dari Minggu Kesehatan Mental di Australia. Bila anda perlu bantuan dalam masalah silahkan hubungi layanan kesehatan di tempat tinggal anda. Bila anda ada di Australia, anda bisa menghubungi organisasi seperti  Lifeline 13 11 14 dan BeyondBlue 1300 224 636.