ABC

Peneliti di Tasmania Kembangkan Perangkat Analisis Kimia Portabel

Para peneliti kini menggunakan teknologi cetak 3D untuk mengubah laboratorium analisis kimia yang penuh peralatan menjadi perangkat portable kecil yang dapat dikantongi.

Profesor Michael Breadmore dari University of Tasmania, Australia, menjelaskan secara sederhana apa yang dia dilakukan bersama mahasiswanya ini bisa dibandingkan dengan perangkat uji kehamilan di rumah yang telah digunakan secara luas selama ini.

“Ini contoh bagaimana perangkat analisis kimia portable dapat memberi informasi yang diperlukan dalam mengambil keputusan mengenai hidup kita, serta apa yang bisa kita lakukan dengan pengetahuan itu,” paparnya kepada ABC.

“Tugas saya adalah menguji hal-hal yang diinginkan orang lain untuk diuji,” jelasnya.

Tim penelitian Prof. Breadmore ini memperoleh suntikan dana dengan nilai sebesar $630.000 (sekitar Rp 6,4 miliar) dalam mengembangkan perangkat analisis kimia portable yang dapat disambungkan dengan ponsel pintar.

“Pekan lalu sangat istimewa,” ujarnya.

Dana tersebut akan membantu peneliti mengembangkan perangkat pendeteksi kadar nitrat portable yang dapat digunakan dalam memeriksa kandungan pupuk pada lintasan air dari perkebunan ke pusat pengairan.

“Yang harus dilakukan adalah membuat perangkat sebesar telapak tangan ini 10 sampai 100 kali lebih kecil," katanya.

“Kami memiliki pendanaan, jumlahnya cukup besar untuk bekerja sama dengan pabrikan cetak 3D internasional di Taiwan," jelasnya.

Menguji tingkat kandungan nitrat di lapangan hanya salah satu jenis teknologi laboratorium menggunakan chip atau Lab-on-chip’ yang sedang dikembangkan Prof. Breadmore.

Alat tes kesehatan di rumah

Sebagaimana penderita diabetes yang dapat memonitor tingkat glukosa mereka setiap hari dengan menggunakan perangkat analisis portable di rumah, Prof. Breadmore berharap dapat menciptakan perangkat analisis medis lainnya untuk pengobatan yang lebih disesuaikan dengan kondisi pasien.

“Ketertarikan saya meneliti pengobatan yang disesuaikan dan mengelola pengobatan narkoba di rumah,” ungkapnya.

“Kemampuan memonitor hal itu kemudian menyesuaikan dosisnya, merupakan suatu hal yang kita lakukan 20 hingga 30 tahun mendatang,” ungkapnya.

perangkat analisis portab
Dua buah perangkat pencetak analisis kimia 3D yang dikembangkan oleh Professor Michael Breadmore dan tim penelitinya. Dana penelitian ini memungkinkan mereka bekerja untuk menciptakan alat ini menjadi lebih kecil ukurannya.

ABC Radio Hobart: Bridget Hickey


Prof. Breadmore mengatakan penelitiannya pada perangkat analisis portable sama dengan apa yang terjadi pada komputer.

Komputer pertama adalah serangkaian mesin yang bisa memenuhi satu ruangan. Sekarang hanya berbentuk chip kecil yang dapat dibawa kemana saja.

“Saya menyebutnya budaya kesegeraan,” kata Prof. Breadmore.

“Anda bisa mengambil ponsel lalu mencari apa saja di Google yang akan memberitahu apa yang anda ingin ketahui, kecuali hal seperti apakah air itu aman diminum atau tidak," katanya.

“Namun teknologi pengukuran kimia yang menyatu dengan ponsel pintar akan dapat melakukan hal itu. Memberitahu apakah air itu aman diminum atau tidak. Makanan itu aman atau tidak,” tambahnya.

Diterjemahkan pada pukul 17:00 WIB, 2/3/2017 oleh Iffah Nur Arifah dari artikel Bahasa Inggris di sini.