ABC

Penderita Campak Berkeliaran di Stadion, Otoritas Kesehatan Khawatir

Otoritas kesehatan negara bagian Victoria telah mengeluarkan peringatan di Melbourne setelah menemukan satu orang dewasa dengan penyakit campak tampak menonton final penyisihan Liga Footy Australia (AFL) di stadion MCG pada hari Sabtu (22/9/2017), bersama dengan 95.000 penggemar lainnya.

Dua kasus baru dari penyakit yang sangat menular itu telah terdiagnosa.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan mengatakan, pasangan tersebut -seorang pria dan perempuan -mengunjungi beberapa lokasi yang ramai saat terkena campak, yakni antara tanggal 20 hingga 23 September, sebelum mereka terdiagnosa.

Mereka menggunakan kereta Metro dan mengunjungi apotek, sebuah klub olahraga dan bar di Richmond, dengan salah satu dari mereka juga mengunjungi stadion MCG, Melbourne.

Wakil Kepala Dinas Kesehatan Victoria, Dr Brett Sutton, mengatakan, campak bisa menyebabkan penyakit serius, terutama pada anak-anak kecil dan dewasa muda.

"Campak memiliki masa inkubasi hingga 18 hari sehingga mereka yang berisiko terkena campak dan mengunjungi lokasi ini, mungkin menunjukkan gejala hingga 13 Oktober," kata Dr Sutton.

Campak adalah penyakit virus yang sangat menular yang bisa menyebabkan penyakit serius, terutama pada anak-anak dan orang dewasa muda.

Dr Sutton mengatakan, orang yang berisiko terkena campak harus waspada terhadap gejalanya.

"Penyakit ini biasanya dimulai dengan gejala flu biasa seperti pilek, mata merah dan batuk, diikuti demam dan ruam," kata Dr Sutton.

"Ruam khas campak biasanya dimulai tiga sampai tujuh hari setelah gejala pertama, umumnya dimulai dari wajah dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh.”

"Siapapun yang mengembangkan gejala itu disarankan untuk segera menelepon dokter umum atau rumah sakit mereka dan melapor bahwa mereka menderita demam dan ruam."

Dr Sutton mengatakan, sebagian besar kasus campak di negara bagian Victoria terkait dengan perjalanan internasional.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.