ABC

Pendaki Australia Selamat Setelah Terjebak Di Gunung Selandia Baru

Seorang pendaki pria Australia yang terperangkap di sebuah gunung di Selandia Baru oleh cuaca buruk sejak pekan lalu berhasil ditemukan hidup dalam apa yang digambarkan sebagai kisah bertahan hidup yang luar biasa.

Pria berusia 29 tahun itu dikhawatirkan gagal kembali dari pendakian solonya di Gunung Aspiring di South Island pada Senin (30/7) lalu.

Pada Kamis (2/8/2018) malam, Pusat Koordinasi Penyelamatan memastikan dia telah ditemukan hidup "dengan sedikit radang dingin" oleh tim penyelamat alpine.

Koordinator Mike Roberts mengatakan sangat "luar biasa" mendapati pria itu berdiri dan melambai-lambaikan tangan ketika helikopter menemukannya pukul 5:00 sore waktu setempat di utara Quarterdeck Pass.

Mengingat selama hampir tujuh hari dia berada di gunung itu sendirian, lelaki itu harus menahan terpaan angin dengan kekuatan hingga 60km / jam, kondisi membekukan dan kadang-kadang disertai salju tebal.

Ketika ditemukan warga Australia itu digambarkan sebagai "dalam semangat yang baik".

"Tim penyelamat telah memberinya makanan dan minuman hangat yang sangat dibutuhkan," kata Roberts.

Para penyelamat dan paramedis telah bersiap untuk menginap di lokasi pencarian dan diharapkan akan melakukan pendakian di bidang yang terjal dengan tali temali pada hari Jumat (3/8/2018), tergantung pada kondisi cuaca.

Angin kencang, suhu di bawah nol, dan hujan lebat selama berhari-hari telah menghalangi helikopter berusaha mencapai warga Australia itu sepanjang pekan ini, dimana tim pencari sebelumnya menemukan peralatan beratnya di sebuah gubuk.

"Pilot melakukan pekerjaan luar biasa untuk tetap terbang bolak balik, meskipun awan sangat rendah malam ini. Awan tebal menyelimuti sekeliling gunung selama berhari-hari dan menghambat upaya pencarian kami," kata Roberts.

Alat pengirim sinyal lokasi atau Beacon locator pendaki telah bergerak sepanjang minggu.

Dia memasuki taman nasional pada hari Jumat (29/7/2018) dan diperkirakan telah meninggalkan perlengkapan yang lebih berat untuk membuat pendakian cepat - bukan praktik yang asing untuk pendaki - sebelum ia terjebak oleh cuaca.

AAP

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.