ABC

Pemotongan Pajak Perusahaan Sulit Lolos di Senat Australia

Pemerintah Australia mengakui pihaknya tidak dapat meyakinkan mayoritas Senator pekan ini untuk meloloskan rencana pemotongan lebih besar atas pajak perusahaan.

Menteri Keuangan Mathias Cormann mengatakan Pemerintah akan mencoba mengajukannya lagi dalam masa sidang Parlemen pada Agustus mendatang. Rencananya pemotongan pajak ini ditujukan bagi perusahaan dengan omset di atas $ 50 juta (Rp 50 miliar lebih).

"Meskipun kami sudah melakukan upaya terbaik mendapatkan dukungan mayoritas di Senat bagi pemotongan pajak perusahaan, namun kami belum mengamankan dukungan yang diperlukan," kata Senator Cormann.

Pemerintah kekurangan empat suara di Senat untuk bisa meloloskan RUU ini.

Pekan lalu Perdana Menteri Malcolm Turnbull mengatakan pemotongan pajak perusahaan akan diajukan untuk divoting di Senat pekan ini.

Tapi sampai hari Kamis (28/6/2018) yang merupakan hari terakhir masa persidangan Parlemen sebelum liburan musim dingin, Senator Cormann mengatakan RUU ini akan ditangguhkan sementara.

"Kami butuh lebih banyak waktu untuk membangun argumen kepada rekan-rekan kami di lintas fraksi Senat," kata Senator Cormann.

Dia mendesak dua Senator dari Partai One Nation yang tidak mendukung keseluruhan rencana pemotongan pajak perusahaan.

Senator Cormann menunjuk jajak pendapat terbaru yang menyebutkan lebih dari 60 persen pemilih Partai One Nation di dapil Longman di Queensland mendukung keseluruhan paket pemotongan pajak perusahaan.

"Lebih banyak pemilih One Nation di Longman yang mendukung pajak perusahaan yang lebih rendah dan lebih kompetitif dibandingkan pemilih Partai Liberal sendiri," ujarnya.

Dia menegaskan bahwa pemerintah masih berkomitmen penuh terhadap RUU pemotongan pajak perusahaan ini.

Senator Cormann mengumumkan pemilu sela yang digelar di lima dapil beberapa waktu mendatang akan menjadi referendum mengenai parpol mana yang memiliki rencana ekonomi lebih baik.

Dia menanggapi keputusan pemimpin Partai Buruh yang beroposisi Bill Shorten yang akan mencabut pemotongan pajak bagi perusahaan dengan omset hingga $ 50 juta yang kini berlaku.

"Anda memiliki kesempatan menyampaikan pesan ke Bill Shorten. Jika Anda tak mendukung rencana pajaknya yang lebih tinggi yang akan membuat hidup Anda lebih buruk, pilihlah kandidat Partai Liberal di Braddon dan di Longman," kata Senator Cormann.

Meskipun menyebutnya sebagai referendum, Senator Cormann mengatakan Pemerintah akan terus mengajukan RUU ini bahkan jika Partai Buruh memenangkan sejumlah pemilu sela tersebut.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.