ABC

Pemerintah Federal Australia Perluas Skema Investor dan Visa 457

Pemerintah Federal Australia memperluas skema visa investor (SIV)  dan menyederhanakan penerbitan visa bagi pekerja asing dengan menggunakan mekanisme visa 457. 

Program Visa Investor Signifikan (SIV) dibentuk oleh pemerintah Buruh sebelumnya dengan tujuan mendorong tumbuhnya investasi asing di Australia. 
 
SIV memberikan jalur untuk tinggal permanen di Australia bagi mereka yang hendak berinvestasi minimal $5.000.000 di Australia selama setidaknya empat tahun. 

Pemerintah Abbott mengusulkan untuk menghadirkan mekanisme serupa yang baru yakni Premium Investor Visa (PIV) yang menawarkan jalur 12 bulan lebih cepat untuk tinggal permanen bagi mereka yang berinvestasi setidaknya $15 juta.

Perubahan juga sedang direncanakan untuk SIV, dimana Pemerintah mengatakan perubahan itu mencakup "menyederhanakan dan mempercepat proses penerbitan visa", promosi yang lebih banyak untuk program internasional dan memperkuat perlindungan integritas. 

Kriteria investasi yang memenuhi syarat juga akan diperbaharui sehingga mereka sejajar dengan "prioritas investasi nasional Pemerintah Australia". 

Kriteria ini akan ditentukan oleh lembaga pemerintah federal Austrade yang akan meminta pendapat dari sejumlah tokoh di sektor ekonomi dan industri di Australia.

Austrade juga ditunjuk sebagai lembaga yang mencalonkan para penerima SIV, melengkapi peran pemerintah negara bagian dan teritori yang saat ini juga berperan sebagai pihak yang mengusulkan calon SIV. Namun Austrade menjadi satu-satunya badan yang dapat mengusulkan pelamar untuk PIV. 

PIV akan diperkenalkan dari 1 Juli 2015, sedangkan perubahan SIV akan berlangsung selama 2014-15. 

Pada saat yang sama, Pemerintah Federal juga telah menanggapi review dari program visa 457 untuk pekerja terampil. 

"Pemerintah akan merampingkan pengolahan sponsor, nominasi dan pendaftaran visa untuk menghargai pelamar bersiko rendah dan memfokuskan kembali kegiatan kepatuhan dan pemantauan pada pelamar berisiko tinggi," kata kantor Perdana Menteri dalam sebuah pernyataan.

Kajian ulang ini juga akan mengatur ulang standard persyaratan kemampuan bahasa bagi industri dan pekerjaan bagi pemohon visa dan meningkatkan periode persetujuan sponsorship selama 12 sampai 18 bulan untuk tahap permulaan.

Namun, besaran upah minimum untuk pemegang visa 457 tetap yakni $53.900, hingga tiba waktunya ditinjau ulang yakni dalam dua tahun ke depan. 

Pemerintah juga mengatakan mekanisme pengaman lainnya juga tidak akan mengalami perubahan.

"Ini akan terus menjadi persyaratan bagi pekerja asing yang akan menerima upah setidaknya setara dengan harga pasaran  dan kondisi yang dibayarkan kepada warga Australia melakukan pekerjaan yang sama di tempat kerja yang sama," katanya dalam pernyataan.