ABC

Pemerintah Australia Terbitkan Pedoman Keamanan Untuk Antisipasi Serangan Teror

Pemerintah Federal  Australia merilis "perangkat” bagi pengelola tempat-tempat umum untuk menilai kerentanan lokasi mereka dan lebih baik dalam memberikan perlindungan terhadap kemungkinan serangan teroris.

Perangkat atau ‘tool kit’ ini menggarisbawahi sebuah cetak biru untuk "keamanan berlapis" di tempat-tempat umum, termasuk CCTV, pemindaian sinar-X dan penghalang fisik seperti beton pembatas untuk mencegah serangan kendaraan di tempat-tempat ramai seperti pusat perbelanjaan dan stadion olahraga.

"Jika diterapkan dengan benar, keamanan berlapis ini dapat memastikan bahwa kegagalan pada satu lapisan manapun - yang mungkin terdiri dari berbagai tindakan pengamanan - tidak akan secara signifikan membahayakan keamanan secara keseluruhan dari tempat yang dilindungi tersebut," tulis laporan tersebut.

Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull mengatakan ‘perangkat’ ini akan memberikan pendekatan yang seragam bagi pemilik tempat dan bisnis untuk bekerja sama  dengan polisi dan berbagai tingkat pemerintahan.

PM Malcolm Turnbull berbicara mengenai laporan keamanan
PM Malcolm Turnbull mengatakan sejumlah metode tersedia untuk menjaga agar langkah-langkah pengamanan yang secara visual mudah untuk dikenali.

AAP: Daniel Munoz

"Kami dapat memanfaatkan keahlian itu, semua pengalaman dan pembelajaran bersama untuk memastikan semua orang tahu dan memiliki alat yang mereka butuhkan untuk menjaga agar tetap aman," kata PM Turnbull.

Tanggung jawabnya akan berada di tangan pengelola tempat dalam melakukan penilaian mereka sendiri dan membuat perubahan yang diperlukan.

PM Turnbull mengatakan bahwa sementara beton-beton pembatas telah dipasang di beberapa kota di Australia namun masih ada beberapa bentuk perlindungan lainnya.

Laporan tersebut ditugaskan penyusunannya menyusul terhadinya serangan Nice di Prancis tahun lalu dan setelah serangkaian serangan di tempat-tempat ramai di seluruh dunia, termasuk yang terakhir di Barcelona (18/8/2017).

Menteri Polisi New South Wales, Troy Grant, mengatakan bahwa ada pelajaran yang bisa dipetik dari insiden di luar negeri.

"Ini bukan hanya tentang pusat perbelanjaan, ini bukan hanya tentang mal, dokumen ini sesuai dengan setiap jenis tempat yang ramai yang dapat Anda pikirkan," kata Grant.

"Polisi dan para ahli kemudian siap membantu Anda untuk memberi saran kepada Anda, sekarang mereka adalah sumber daya tambahan."

Diterjemahkan pukul 13.30 WIB, 20/8/2017 oleh Iffah Nur Arifah dari artikel Bahasa Inggris disini.