ABC

Pemerintah Australia Reshuffle Kabinet

Lima wajah baru mendapatkan promosi menjadi menteri dalam Kabinet Pemerintahan Australia pimpinan PM Malcolm Turnbull.

Melalui penunjukan yang mengejutkan, politisi Partai Nasional yang baru terpilih ke parlemen David Littleproud akan menempati posisi Menteri Pertanian yang baru.

Wakil Pemimpin Partai Nasional Bridget McKenzie akan menjabat Menteri Olahraga, Kesehatan Pedalaman dan Komunikasi Regional sedangkan politisi Partai Liberal Dan Tehan diangkat sebagai Menteri Pelayanan Sosial.

Menteri Kehakiman Michael Keenan tetap akan berada di Kabinet sebagai Menteri Pelayanan Manusia, sedangkan politisi asal Queensland John McVeigh akan menjabat Menteri Pembangunan Daerah.

Christian Porter ditunjuk sebagai Jaksa Agung yang baru menggantikan George Brandis yang akan menjadi Dubes Australia untuk Kerajaan Inggris.

Menteri Infrastruktur Darren Chester terlempar dari Kabinet dan Wakil Perdana Menteri Barnaby Joyce mengambil-alih portofolio tersebut.

PM Turnbull kesulitan untuk menjelaskan mengapa Chester diberhentikan dari kementrian.

"Saya harus mengatakan, sebagai menteri Darren itu luar biasa, saya menyesalkan bahwa ini mengakibatkan dia tidak lagi menjadi anggota kementerian," kata PM Turnbull.

Sebagai pemimpin Partai Nasional, Barnaby Joyce memiliki peran kunci dalam menentukan siapa dari partainya yang menempati posisi tersebut.

PM Turnbull mengatakan bahwa dia berkonsultasi dengan Joyce terkait reshuffle. Dia mengatakan Joyce dapat menjawab secara langsung mengapa Chester diberhentikan dair kabinet.

PM Turnbull mengatakan "faktor geografi menjadi pertimbangan", mengingat Chester berasal dari Victoria sementara lebih banyak politisi Partai Nasional di Queensland.

Dia membela keputusannya mempromosikan Littleproud ke Kabinet untuk menjadi Menteri Pertanian.

Promosi tersebut mengejutkan beberapa rekan Littleproud, karena dia masih baru di Parlemen sejak pemilu tahun lalu dan pada usia 41 dia terbilang muda untuk menjadi menteri kabinet.

Perdana Menteri menggambarkan Littleproud sebagai sosok yang cakap dengan pengalaman 20 tahun di bidang agribisnis.

Reshuffle kabinet juga membentuk dua portofolio baru, termasuk kementerian utama untuk Urusan Dalam Negeri yang dipimpin Peter Dutton serta kementerian Pekerjaan dan Inovasi yang akan dijalankan Menteri Tenaga Kerja Michaelia Cash.

Menteri Perindustrian Arthur Sinodinos telah mengundurkan diri dari kabinet karena alasan kesehatan.

PM Turnbull mengatakan Senator Sinodinos menulis surat penyampaian bahwa perawatan medisnya memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan. Disebutkan bahwa dia tidak mungkin bisa kembali dari cutinya sampai pertengahan tahun 2018.

"Arthur adalah salah satu pegawai negeri paling berpengalaman dari generasi kita dan kontribusinya kepada Kabinet sangat didambakan sejak penyakitnya didiagnosis pertama kali. Kami mendoakan yang terbaik demi pemulihannya," kata PM Turnbull.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.