ABC

Pemerintah ACT Revisi Peta Kawasan Olahraga untuk Anjing di Canberra

Demi meningkatkan citranya sebagai kota paling ramah bagi hewan anjing, Pemerintah ACT merevisi Peta Kawasan Olahraga untuk Anjing di Kota Canberra. Peta ini mengatur kawasan yang dibolehkan dan dilarang bagi warga membawa anjingnya untuk berjalan-jalan.

Mulai tahun depan, para pemilik anjing di Canberra perlu memperhatikan aturan baru yang diterbitkan pemerintah setempat mengenai kawasan mana saya yang dibolehkan atau dilarang untuk mengajak hewan kesayangan Anda berjalan-jalan.
 
Aturan tersebut tercantum dalam Peta Kawasan Olahraga untuk Anjing yang pertama kali diterbitkan Pemerintah  ACT tahun 2005 lalu. 

Mulai 11 Januari 2016 nanti, Pemerintah ACT akan merevisi peta tersebut.
 
Menteri Layanan Pemerintahan Kota, Shane Rattenbury mengatakan dibawah aturan baru nanti,  para pemilik wajib mengenakan kalung pengaman pada anjing peliharaan mereka jika akan diajak berjalan-jalan melewati jalur yang dikhususkan untuk pengguna sepeda dan pejalan kaki.
 
Sementara lapangan olahraga, akan menjadi kawasan bersyarat bagi anjing. Para pemilik boleh membebaskan anjingnya tanpa tali kekang pengaman di kawasan itu, dengan syarat selama tidak sedang berlangsung kegiatan atau event olahraga di kawasan tersebut.
 
Larangan melakukan kegiatan bersama anjing peliharaan di Weston Park dan Nara Park juga diubah. Sekarang warga dibolehkan bermain dengan anjingnya di dua kawasan ini selama menggunakan kalung pengaman.
 
Berdasarkan ketentuan terbaru ini, anjing akan dilarang berada di  taman bermain dan juga kawasan warga melakukan pesta barbekyu.
 
"Salah satu tujuan utama dari perubahan aturan ini adalah agar terdapat konsistensi di seluruh kota sehingga memudahkan warga untuk mengetahui dimana saja mereka boleh membawa anjingnya, dan dimana mereka tidak boleh membawa anjing, serta juga aturan umumnya,” katanya.
 
Kota Canberra mendapat rating sebagai kota paling ramah terhadap anjing di Australia. Perubahan ini diharapkan dapat meningkatkan status ini dan memberikan kejelasan dan memperluas kawasan dimana warga dibolehkan membawa anjingnya.
 
Rattenbury mengatakan peta teritori anjing yang sebelumnya sudah tidak cocok lagi diberlakukan di sejumlah kawasan menyusul tingkat pertumbuhan di kawasan di Canberra dan juga membaiknya teknologi pemetaan.
 
Menurutnya para pemilik anjing bisa dikenakan sanksi denda sebear $150 jika melanggar aturan ini.
 
"Di awal penerapan aturan ini, para  petugas kami masih akan melakukan pendekatan lunak saja dengan hanya memberikan peringatan kepada warga mengenai aturan baru ini.”
 
"Kami ingin bekerjasama dengan masyarakat dan memungkinkan masyarakat untuk memiliki anjing di kota ini,”

“Sebagaimana kita tahu, anjing adalah teman peliharaan yang baik untuk manusia, tapi pada saat yang bersamaan kami juga ingin mengingatkan para pemilik kalau mereka memiliki tanggung jawab,”
 
Rattenbury mengatakan pihaknya akan melakukan sosialisasi mengenai perubahan in dalam beberapa pekan mendatang.