ABC

Pembunuh Pelajar China di Melbourne Dihukum 11 Tahun Penjara

Seorang pria yang memukul seorang pelajar internasional asal China hingga tewas di sebuah lorong di Melbourne telah dijatuhi hukuman 11 tahun penjara.

Shenghang Wan dinyatakan bersalah melakukan pembunuhan terhadap Jeremy Hu (19 tahun), dengan menginjak kepalanya lima kali dalam perkelahian di Latrobe Place di Chinatown bulan April 2016.

Jeremy Hu yang ketika itu masih menjadi murid di sekolah menengah Yarra Valley Grammar meninggal seminggu kemudian di rumah sakit.

Jeremy Hu berusia 19 tahun ketika tewas
Jeremy Hu berusia 19 tahun ketika tewas.

Wan harus menjalani hukuman penjara paling sedikit 7 tahun sebelum bisa dipertimbangkan mendapatkan pembebasan awal.

Ibu Jeremy, Liping Yuan, dalam pernyataan di pengadilan sebelum penjatuhan hukuman mengatakan hidupnya seperti 'penyiksaan' sejak kematian putranya.

Yuan mengatakan bahwa dia dan suaminya sudah menjual hotel, restoran dan aset mereka lainnya di China dalam persiapan untuk piindah ke Australia ketika anaknya meninggal.

Karena kejadian tersebut, mereka bergegas ke Australia dan selama itu, pengadilan China memutuskan untuk menyita aset mereka dan keluarga tersebut hampir bangkrut.

"Pelaku sudah merampas anak kami satu-satunya. Hidup menjadi penyiksaan bagi kami." kata Yuan dalam pernyataan yang disebut 'victim impact statement' (pernyataan yang akan digunakan hakim dalam pengambilan keputusan penjatuhan hukuman).

"Putra kami adalah anak yang baik, yang memiliki hati sebaik emas. Dia baru berusia 19 tahun, dan berada di masa puncak kehidupannya."

"Akibat perbuatan pelaku, kami kehilangan anak kami, kami kehilangan harapan kami, kami kehilangan properti kami."

"Kami kehilangan segalanya."

Di saat petugas membawa Shenghang Wan melewati Yuan di sidang tanggal 20 April lalu, Yuan berteriak dalam bahasa China: "Nyawa harus dibayar nyawa. Dia harus dihukum mati, di China dia akan dijatuhi hukuman mati."

Jeremy Hu sits beside his mother and father at a restaurant with a birthday cake in front of them
Orang tua Jeremy belum memberitahu kakek dan neneknya atas kematian anak mereka.

Supplied

Dalam pernyataannya, Yuan mengatakan dia dan suaminya sampai sekarang belum memberitahu kematian putra mereka, Jeremy, kepada kakek dan neneknya.

"Kami tidak bisa membayangkan tragedi apa yang terjadi bila mereka mendengar berita itu." katanya.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini