ABC

Peluncuran Jadwal Transportasi Publik Baru di Sydney

Anda sebaiknya memeriksa jadwal perjalanan anda sebelum meninggalkan rumah pekan ini, menyusul diluncurkannya lebih dari 9.000 jadwal keberangkatan dan kedatangan baru untuk moda transportasi kereta, bus dan feri mingguan jaringan untuk kota Sydney dan sekitarnya mulai hari ini Minggu (26/11/2017).

Layanan tambahan untuk jaringan transportasi publik di kota Sydney dan sejumlah kota di sekitarnya yang baru diluncurkan itu meliputi:

• Tambahan 1.500 layanan kereta mingguan

• 750 layanan akhir pekan baru

• Tambahan hampir sebanyak 7.000 layanan bus mingguan

• Tambahan 140 layanan feri mingguan

Kawasan Illawarra, Central Coast, Blue Mountains dan Hunter memiliki jadwal bis dan kereta baru dan kereta-kereta regional di seluruh New South Wales juga akan terdampak akibat layanan tambahan ini.

Menteri Utama New South Wales (NSW), Gladys Berejiklian mengatakan ini akan menjadi "perubahan jadwal terbesar yang berlangsung dalam satu kesempatan" bagi negara bagian NSW.

"Jika Anda belum menggunakan transportasi umum pada hari ini (26/11/2017), jadwal baru ini sudah pasti diluncurkan mulai hari ini tapi besok akan menjadi ujian yang sesungguhnya. Pastikan Anda mencari tahu lebih dahulu lewat platform aplikasi atau informasi yang kami miliki sehingga Anda tidak terjebak pada situasi kalau layanan transportasi yang anda gunakan sudah berubah jadwalnya."

"Ini adalah pergeseran besar dalam cara orang bisa berkeliling kawasan kota kita yang lebih luas... kemungkinannya di lebih dari dua per tiga stasiun-stasiun yang kita miliki anda dapat memangkas waktu menunggu anda menjadi hingga setengahnya.”

Menteri Perhubungan NSW, Andrew Constance mengatakan bahwa jadwal yang telah diubah ini akan mempermudah jaringan transportasi, meningkatkan kapasitas dan memberikan lebih banyak layanan.

Lebih banyak perubahan untuk beberapa penumpang

Namun pihak oposisi mengatakan bahwa perubahan tersebut akan berarti adanya peningkatan waktu tempuh bagi beberapa penumpang dan beberapa rute layanan ada yang tidak berhenti di beberapa stasiun.

Kereta "Blue Mountains" tidak lagi berhenti di Redfern, kami tahu bahwa rute layanan di bagian barat misalnya dari Auburn ke Central akan memakan waktu 11 menit lebih lama, "kata juru Bicara transportasi oposisi, Jodi McKay.

Pemerintah Negara Bagian NSW mengklaim manfaat kenaikan layanan melampaui dampak buruk dari perubahan ini.

"Dalam beberapa kasus akan ada titik pertukaran di seluruh jaringan, makanya sangat penting masyarakat merencanakan perjalanan mereka," kata Andrew Constance.

"Tapi secara keseluruhan, saya pikir semua orang akan mendapatkan keuntungan dari perubahan besar ini."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.