ABC

Pelajar China Ditahan atas Tuduhan Kepemilikan Obat Terlarang

Tiga warga negara China di Australia dengan visa pelajar internasional telah ditahan sebagai langkah investigasi polisi atas kasus sindikat penyelundupan obat-obatan terlarang di Sydney.

Seluruhnya ada 7 orang, termasuk satu perempuan, yang ditahan oleh satuan polisi bersenjata dalam penggrebekan di kota Auburn, minggu ketiga Mei.

Polisi menyebutkan, mereka menyita 15 kilogram obat berjenis ‘pseudoephedrine’ dalam penggrebekan tersebut.

Perempuan yang ditahan tersebut dibawa ke Rumah Tahanan Villawood dan dua pria akhirnya dibebaskan. Sementara empat pria lainnya, termasuk 3 pelajar China, disidangkan pada 22 Mei dengan tuduhan kepemilikan obat terlarang.

Polisi mengatakan, mereka telah menyita hampir 60 kg obat terlarang dalam sejumlah penggrebekan di Sydney sebagai bagian dari operasi gabungan ‘Strike Force Duperry’.

Operasi gabungan polisi & bea cukai juga jaring senapan, heroin, serta uang tunai

Investigasi yang dijalankan polisi tersebut juga berhasil menjaring senapan, amunisi, obat jenis methylamphetamine – atau yang lebih dikenal dengan Kristal – senilai 2 juta dolar, 870.000 dolar heroin dan 18.000 dolar uang tunai.

Investigasi ini terlaksana berkat kerjasama intelijen antara Tim Kejahatan Terpadu, Polisi Federal Australia, dan beberapa agensi Perlindungan Perbatasan serta sejumlah informasi dari publik.

Sebelumnya, tim gabungan tersebut telah mengidentifikasi anggota sindikat yang diduga terlibat dalam kasus impor 42 kg obat jenis ‘pseudoephedrine’ melalui jalur laut dari China.

Ikuti Kompetisi Belajar Bahasa Inggris di Australia gratis - Klik tautan berikut: https://apps.facebook.com/australiaplus